INTERNALISASI NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI KHULAFAUR RASYIDIN PADA SISWA KELAS VII MTs MAMBA’UL HUDA SENDANG

Wahid, Abdurrohman (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN ISLAM MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MATERI KHULAFAUR RASYIDIN PADA SISWA KELAS VII MTs MAMBA’UL HUDA SENDANG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180247_ABDURROHMAN WAHID_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dimasa sekarang ini banyaknya pemimpin yang memanfaatkan jabatannya diantara banyak oknum yang menyalahgunakan jabatannya. Salah satunya yang saat ini nyata-nyata menjadi pemimpin. Oleh karena itu, penanaman kepada siswa-siswi pada bangku sekolah sangat penting untuk dapat menerapkan tauladan dar Khulafaur Rasyidin. Nilai-nilai yang dimaksud diantarannya amanah, adil, musyawarah, dan amr ma’ruf nahi munkar.
Penelitian bertujuan untuk 1) Menanamkan nilai-nilai kepemimpinan Islam melalui pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Mamba’ul Huda Sendang Jambon Ponorogo. 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai kepemimpinan melalui pembelajaran Sejarah Kebudayan Islam di MTs Mamba’ul Huda Sendang Jambon Ponorogo.
Untuk menjawab penelitian diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik menganalisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, pengamatan yang tekun, triagulasi, dan pengecekan sejawat melalui diskusi
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan kesimpulan 1) Bentuk nilai-nilai kepemimpina Islam yang digambarkan berdasarkan tauladan Khulafaur Rasyidin adalah Sikap Amanah, Adil dan Amr Ma’rof Nahi Munkar dalam penerapan ketiganya ditunjukkan saat proses pembelajaran didalam saat proses pembelajaran berlangsung. Metode yang digunakan adalah pembiasaan, pemberian nasehat, tauladan dan hukuman terhadap siswa yang melakukan pelanggaran sebagai sanksi agar siswa bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. 2) Faktor yang mempengaruhi Internalisasi nilai-nilai kepemimpinan Islam pada pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam pada materi Khulafaur Rasyidin di MTs Mamba’ul Huda Sendang ada tiga yakni faktor genetik, faktor sosial, dan faktor situasional. Faktor genetik yakni apabila dalam lingkungan keluarga ada sebuah problem berupa pertengkaran terhadap orang tua akan merubah perilaku anaknya saat di sekolahan.Faktor sosial yakni adanya motivasi dan dukungan untuk berani dan mengembangkan nilai-nilai kepemimpinan. Faktor situasional berupa keberanian pada siswa secara spontan serta mendesak saat berada di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2022 02:55
Last Modified: 12 Dec 2022 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22152

Actions (login required)

View Item View Item