..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Strategi Bersaing dalam Pemasaran Pendidikan (studi kasus di SMP Ma'arif 1 Ponorogo)

Wahyudi, Eko (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Strategi Bersaing dalam Pemasaran Pendidikan (studi kasus di SMP Ma'arif 1 Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS EKO WAHYUDI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
STRATEGI BERSAING DALAM PEMASARAN PENDIDIKAN (STUDY KASUS DI SMP MA’ARIF 1 PONOROGO)

Persaingan pendidikan di era global menuntut sekolah/madrasah untuk terus meningkatkan kualitas dan mengikuti alur kebutuhan serta keinginan stakeholder agar dapat mempertahankan eksistensi. SMP Ma’arif 1 Ponorogo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berusaha memberikan pelayanan pendidikan berkualitas di daerah Ponorogo. Upaya tersebut tidak luput dari pertimbangan melalui beberapa strategi. Diantara strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan manajemen pemasaran melalui tiga cara, yakni: (1) Cost Leadership; (2) Diferensiasi; dan (3) Fokus. Penelitian akan dilakukan untuk mengkaji sejauh mana sistem dan program layanan pendidikan di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan keunggulan biaya di SMP Ma’arif 1 Ponorogo; (2) menguraikan strategi diferensiasi untuk layanan pendidikan di SMP Ma’arif 1 Ponorogo; (3) menerangkan fokus strategi sebagai landasan untuk memenuhi kebutuhan stakeholder di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan etnografi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikaji, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) SMP Ma’arif 1 Ponorogo termasuk salah satu lembaga yang memberikan pelayanan sesuai harga. (2) SMP Ma’arif 1 Ponorogo selalu melakukan pembaharuan program dan sistem dalam rangka menarik animo masyarakat. Sehingga Madrasah dapat menemukan diferensiasi yang menjadi ciri khas dan identitas yang membedakan SMP Ma’arif 1 Ponorogo dengan lembaga pendidikan lainnya, (3) Fokus utama yang menjadi prioritas di SMP Ma’arif 1 Ponorogo adalah manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) yang efektif dan berkualitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Miftachul Choiri Mambaul Ngadimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:16
Last Modified: 05 Dec 2022 04:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22141

Actions (login required)

View Item View Item