Manajemen Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) Di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Islam Joresan Ponorogo

Prayogo, Adi (2022) Manajemen Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) Di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Islam Joresan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180002 ADI PRAYOGO MPI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Prayogo, Adi. 2022. Manajemen Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Islam Joresan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Aris Nurbawani, M.M.

Kata Kunci : Manajemen, Praktek Kerja Lapangan, Sekolah Menengah Kejuruan

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu institusi pendidikan yang bertanggung jawab dalam menghasilkan tenaga kerja kompeten dan memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan sosial yang terjadi secara global. Pondok pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo adalah salah satu lembaga pondok pesantren yang membuka jenjang pendidikan kejuruan. Pada umumnya di pondok pesantren fokus dalam hal pendidikan agama, tetapi di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo memiliki jenjang pendidikan SMK. Salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan kejuruan yang memadukan kegiatan belajar di sekolah dan kegiatan belajar melalui bekerja langsung pada bidang serta suasana yang sesungguhnya di dunia kerja adalah melalui program Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan program Praktek Kerja Lapangan (PKL) di SMK Al-Islam Joresan Ponorogo, 2) Mengetahui dan mendeskripsikan pengorganisasian program Praktek Kerja Lapangan (PKL) di SMK Al-Islam Joresan Ponorogo, 3) Mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di SMK Al-Islam Joresan Ponorogo, 4) Mengetahui dan mendeskripsikan evaluasi Praktek Kerja Lapangan (PKL) di SMK Al-Islam Joresan Ponorogo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Panitia PKL (Waka Kurikulum, KAPROGLI, Staf Tata Usaha, Guru Produktif,), siswa kelas 2, dan pembimbing lapangan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui kondensasi data, tampilan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan PKL di SMK Al-Islam Joresan Ponorogo adalah rapat koordinasi dilakukan oleh panitia PKL, penyusunan RAB untuk memenuhi kebutuhan program PKL, pemetaan DU/DI dilakukan untuk menginventarisasi daftar DU/DI yang digunakan sebagai tempat praktek, dan penentuan jadwal kegiatan untuk mengatur waktu pelaksanaan program PKL. 2) Pengorganisasian PKL di SMK Al-Islam Joresan Ponorogo dilakukan oleh kepala sekolah melalui SK panitia PKL yang berfungsi untuk menunjuk SDM sekolah agar pelaksanaan PKL dapat dilaksanakan dengan baik. Selanjutnya panitia PKL berkoordinasi dengan pihak DU/DI agar tempat DU/DI-nya dapat digunakan sebagai tempat praktek. 3) Pelaksanaan program PKL di SMK Al-Islam Joresan Ponorogo memiliki beberapa tahapan: a) Pra pelaksanaan PKL dilakukan sebelum siswa SMK Al-Islam Joresan Ponorogo diserahkan ke DU/DI. b) Pelaksanaan PKL di DU/DI dilaksanakan selama 3 bulan. c) Pasca pelaksanaan PKL adalah sesi penarikan setelah siswa selesai melaksanakan praktek di DU/DI. Dalam program PKL di SMK Al-Islam Joresan Ponorogo terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya yaitu semangat yang luar biasa dari siswa, tim DU/DI yang kooperatif, serta pembimbing lapangan yang sabar dan kompeten dalam membimbing siswa SMK Al-Islam Joresan Ponorogo. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ada DU/DI yang sepi klien, siswa PKL yang izin sakit, dan faktor cuaca yang tidak mendukung untuk praktek di lapangan. 4) Evaluasi PKL di SMK Al-Islam Joresan Ponorogo ada beberapa proses, diantaranya monitoring siswa dilakukan melalui presentasi hasil kinerja siswa ketika di DU/DI, evaluasi kesiswaan PKL bertujuan untuk menilai hasil praktek siswa, evaluasi laporan PKL dilakukan oleh pembimbing lapangan sebagai bentuk pengawasan siswa selama menjalankan praktek di DU/DI, dan evaluasi panitia PKL membahas tempat DU/DI yang layak digunakan pada tahun berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Dec 2022 01:29
Last Modified: 05 Dec 2022 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22136

Actions (login required)

View Item View Item