Pemahaman Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo Dalam Memilih Calon Pasangan Hidup Perspektif Kafa'ah

Ulumuddin, Muhammad Ihya (2022) Pemahaman Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo Dalam Memilih Calon Pasangan Hidup Perspektif Kafa'ah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
101180183_MUHAMMAD IHYA ULUMUDDIN_HKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ulumuddin, Muhammad, Ihya 2022. Kriteria Pemilihan Calon Pasangan Hidup Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo Perspektif Kafā'ah. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh Mukhlas, M.Pd.
Kata kunci/keyword: Kriteria, Pasangan, Kafā’ah.
Pernikahan adalah salah satu ajaran agama Islam sebagai sarana yang halal dan baik dalam menjalin hubungan antara seorang pria dan wanita. Memilih calon pasangan hidup merupakan hal yang terpenting sebelum menikah, dengan mempunyai kriteria yang diinginkan dalam memilih pasangan akan lebih baik untuk kedepannya dibandingkan tidak mempunyai kriteria dalam memilih pasangan. Kafā’ah mempunyai peranan penting sebagai jembatan untuk memilih kriteria pasangan hidup yang diinginkan. Objek wawancara utama dalam penelitian ini adalah para mahasiswa yang belum menikah di lingkungan Fakultas Syariah IAIN Ponorogo meliputi jurusan Hukum Keluarga Islam, Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Tata Negara, Maka dari itu penelitian ini akan membahas dan mengetahui bagaimana kriteria dalam memilih calon pasangan hidup oleh mahasiswa fakultas Syariah IAIN Ponorogo dalam perspektif kafā’ah agar ke depan bisa mendapatkan pelajaran dan referensi dari penelitian ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana kriteria mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo dalam memilih calon pasangan hidup perspektif kafā’ah? (2) bagaimana cara mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo dalam memilih calon pasangan hidup perspektif kafā'ah?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian empiris (yuridis empiris) dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) kriteria calon pasangan hidup mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo tidak ada yang bertentangan dengan syariat, kriteria kafā’ah yang paling diutamakan mahasiswa adalah sekufu’ dalam hal agama dan semuanya sudah sesuai dengan konsep kafā’ah. (2) Cara memilih calon pasangan hidup mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo rata-rata hampir semuanya memilih dengan cara ta’aruf. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa semua kriteria dan cara memilih calon pasangan hidup mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Ponorogo tidak bertentangan dengan hukum Islam pada umumnya, dan sudah sesuai dengan konsep kafā’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Dec 2022 01:28
Last Modified: 05 Dec 2022 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22135

Actions (login required)

View Item View Item