Strategi Keluarga Jobless Dalam Menjaga Ketahanan Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Desa Lengkong Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo)

Machsuroh, Farichatul (2022) Strategi Keluarga Jobless Dalam Menjaga Ketahanan Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Desa Lengkong Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
STRATEGI KELUARGA JOBLESS DALAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ketahanan keluarga merupakan kemampuan keluarga dalam mengelola sumber daya dan masalah untuk mencapai kesejahteraan maupun untuk bertahan dan beradaptasi dari berbagai kondisi yang senantiasa berubah. Di Desa Lengkong terdapat sopir dan penjual jajanan anak sekolah yang sekarang ini mereka kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19. Banyak masyarakat Lengkong yang mengeluh atas terhentinya aktivitas mereka. Pandemi Covid-19 memaksa mereka untuk beradaptasi dengan keadaan sekaligus memaksa untuk memberdayakan diri dalam berbagai ide kreatif dan memanfaatkan teknologi. Adapun masalah dalam penelitian ini meliputi faktor ketahanan keluarga di Desa Lengkong dan strategi masyarakat Desa Lengkong dalam menjaga ketahanan keluarganya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat empiris. Adapun hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi ketahanan keluarga di Desa Lengkong ada lima faktor, yaitu faktor ketahanan fisik, ketahanan ekonomi, ketahanan sosial, ketahanan psikologi, dan ketahanan spiritual. Sedangkan strategi dalam menjaga ketahanan keluarga di masa pandemi Covid-19 yaitu dengan mengubah pola penghasilan, menjual aset berharga, menggunakan uang simpanan, menerapkan hidup hemat, dan berhutang.
Kata Kunci: Ketahanan, Keluarga, Covid-19

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Dec 2022 01:40
Last Modified: 02 Dec 2022 01:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22128

Actions (login required)

View Item View Item