Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Syariah pada UMKM Kopi Kare Kabupaten Madiun

Valentina, Dyah Ayu (2022) Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Syariah pada UMKM Kopi Kare Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717240_Dyah Ayu Valentina_Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Valentina, Dyah Ayu.2022. Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Syariah pada UMKM Kopi Kare. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Ajeng Wahyuni M.Pd.
Kata kunci: Strategi Pemasaran Syariah dan Analisis SWOT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Strategi Pemasaran Syariah yang ada pada UMKM Kopi Kare. Strategi Pemasaran Syariah tersebut untuk memudahkan pemilik usaha dalam menerapkan penjualannya dalam bidang Syariah.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan
(field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang
digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini antara lain observasi dan
wawancara. Teknik pengolahan data dengan melalui dua tahap yaitu reduksi data dan penyajian data.
Hasil penelitian menunjukan dalam menerapkan strategi pemasaran syariah Kopi Kare telah melakukan karakter dan prinsip pemasaran syariah yaitu salah satunya adalah pemasaran tidak ada unsur memaksa untuk membeli produk dari Kopi Kare.Strenght pada Kopi Kare adalah sertifikasi halal dan Standar Nasonal Indonesia yang sesuai dengan pemasaran syariah pada weakness adalah belum menutup tokonya ketika memasuki waktu shalat serta masa kadaluarsa produk yang sebentar. Opportunity adalah dimana peminat Kopi Kare ini banyak dengan cita rasa khas dari Kopi Kare serta threat adalah adanya produk subtitusi di sekitar toko Kopi Kare ini sendiri menjadi suatu ancaman yang besar. Dari hasil analisis SWOT menggunakan matriks SWOT telah ditemukan bahwa strategi yang paling baik adalah S-O dimana strenght adalah pada labelisasi halal dan Standar Nasional Indonesia dengan opportunity pada hal penguasaan pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:50
Last Modified: 01 Dec 2022 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22123

Actions (login required)

View Item View Item