PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, ISLAMIC BRANDING DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MINASSHOFA CELLULAR PONOROGO DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Qurohman, Taufik (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, ISLAMIC BRANDING DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MINASSHOFA CELLULAR PONOROGO DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponroogo.

[img]
Preview
Text
210717250_Taufik Qurohman_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Qurohman, Taufik . 2022. Pengaruh kualitas pelayanan Islamic branding dan
harga terhadap loyalitas pelanggan minasshofa cellular ponorogo dengan
kepuasan sebagai variable intervening. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah
Fakuktas Ekonomi dan Bismis Islam Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing Faruq Ahmad Futaqi, S.E., M.E
Kata Kunci : kualitas pelayanan, harga, Islamic branding, loyalitas pelanggan.
Minasshofa Cellular merupakan usaha konter yang bermain pada
penjualan grosir dan ecer yang menjual berbagai produk pulsa, paket internet, dan
aksesoris gadget. Lokasi berada di Jalan Ahmad Yani No. 22 Balong Ponorogo.
Sekarang ini Minashofa Celullar telah memiliki reseller kira-kira sebanyak 30
konter yang tersebar di Ponorogo yang terbanyak dan beberapa konter di Madiun,
Magetan, Pacitan, dan Trenggalek. Selain memiliki reseller untuk disetori produk
setiap harinya, Minasshofa Cellular juga memiliki 2 cabang yang berlokasi di
Ponorogo juga yang menjual produk pulsa, paket internet dan aksesoris gadget
secara ecer kepada konsumen
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kualitas
pelayanan, Islamic branding, dan harga terhadap loyalitas pelanggan, (2)
mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan, dan (3) mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan, Islamic branding, dan harga terhadap kepuasan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif kuantitatif
dengan jenis data yaitu primer yang didapatkan dari angket/kuisioner dan
wawancara, jumlah populasi tak terhingga/tidak diketahui secara pasti, dan jumlah
sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengmbilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling. Kemudian data dianalisis dengan uji validitas dan reliabilitas,
uji deskriptif, dan uji hipotesis menggunakan Uji Parsial (Uji t), Uji Simultan (Uji
F), dan Uji Koefisien Determinasi (R2 ).
Adapun hasil penelitian adalah (1) variabel kualitas pelayanan dan harga
secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai thitung dari
variabel (X1) > ttabel yaitu 3,960 > 1,984 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05,
nilai thitung dari variabel (X3) sebesar 16.947 > 1,984 dengan tingkat signifikansi
0,000 < 0,05,. Sedangkan variabel Islamic branding (X2) secara parsial tidak
berpengaruh terhadap Y nilai thitung dari variabel (X2) < ttabel yaitu 0,552 < 1,984
dengan tingkat signifikansi 0,582 > 0,05. (2) kualitas pelayanan dan harga
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05
dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 74.44% sisanya 25.6%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2022 01:49
Last Modified: 01 Dec 2022 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22121

Actions (login required)

View Item View Item