Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa FEBI Institut Agama Islam Negeri Dalam Bertransaksi Di Bank Syariah

Rifa'i, Ahmad Saiful (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa FEBI Institut Agama Islam Negeri Dalam Bertransaksi Di Bank Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
402180114_AHMAD SAIFUL RIFA'I_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Saiful Rifa’i, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa FEBI Institut Agama Islam Negeri Dalam Bertransaksi Di Bank Syariah, Skripsi 2022. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institus Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Aji Damanuri, M.E.I
Kata Kunci : Faktor-Faktor, Perbankan Syariah
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi dalam bertransaksi konsumen untuk mengambil keputusan yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal yaitu terdiri dari faktor psikologis dan faktor pribadi. Dalam Faktor Psikologis mencakup persepsi, motivasi, pembelajaran, dan sikap Faktor Eksternal yaitu terdiri dari faktor situasional dan faktor sosial, Faktor situasional mencakup keadaan sarana dan prasarana tempat belanja, waktu berbelanja, penggunaan produk dan kondisi saat pembelian.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendektan deskriptif yang bermakna mendiskripsikan suatu situasi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Ponorogo yang bersifat faktual secara sistematis dan akurat, untuk memotret fenomena individual, situasi, kelompok tertentu yang secara akurat dengan tujuan mendiskripsikan kegiatan serta transaksi mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Ponorogo yang terjadi saat ini. Dalam penelitian deskriptif peneliti menggunakan wawancara, observasi tidak terstruktur, observasi berstruktur untuk mendiskripsikan fenomena yang diteliti.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa faktor internal merupakan salah satu alasan mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo bertransaksi menggunakan bank syariah dengan pengalamannya bertransaksi di bank syariah yang mudah dan nyaman, motivasi sebagai muslim yang tinggi, gaya hidup halal yang memunculkan persepsi yang baik terhadap bank syariah, akhirnya ada beberapa mahasiswa memilih melakukan transaksi melalui Bank Syariah Indonesia, tetapi masih banyak mahasiswa yang memilih bertransaksi menggunakan bank konvensional karena faktor eksternal, dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa faktor eksternal menjadi salah satu kendala mahasiswa dalam bertransaksi di bank syariah. Faktor eksternal menjadi alasan sebagian besar mahasiswa FEBI IAIN Ponorogo memilih bertransaksi menggunakan bank konvensional, dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa sarana prasarana bank syariah masih kalah jauh dibandingkan bank konvensional yang menyebabkan sebagian besar mahasiswa lebih memilih bertransaksi di bank konvensional, juga dari faktor keluarga yang yang menggunakan bank konvensional untuk bertransaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2022 09:01
Last Modified: 30 Nov 2022 09:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22119

Actions (login required)

View Item View Item