PENGARUH NON PERFORMING FINANCING DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET PADA PT. BANK PANIN DUBAI SYARIAH PERIODE 2012-2020

Ningrum, Dwi Andika (2022) PENGARUH NON PERFORMING FINANCING DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET PADA PT. BANK PANIN DUBAI SYARIAH PERIODE 2012-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210817051_DWI ANDIKA NINGRUM_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ningrum, Dwi Andika. Pengaruh NPF (Non Performing Financing) dan FDR (Financing to Deposit Ratio) Terhadap ROA (Return On Asset) dengan Metode ECM (Error Correction Model) pada Bank Panin Dubai Syariah Periode 2012-2020. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Moh. Faizin, M.S.E.
Kata Kunci: Non Performing Financing, Financing to Deposit Ratio, Return On Asset
ROA merupakan suatu ukuran tentang efektifitas manajemen dalam mengelola investasinya. Disamping itu hasil dari pengembalian investasi menunjukkan produktifitas dari seluruh dana perusahaan, baik dalam modal pinjaman maupun modal sendiri. Semakin kecil (rendah) rasio ini semakin tidak baik, demikian pula sebaliknya. Penyimpangan yang terjadi pada bank syariah yang menjelaskan mengenai pentingnya faktor kualitas aset dan Financing Deposit Ratio pada Bank Panin Dubai Syariah. Oleh karena itu peniliti tertarik untuk mengambil judul “Pengaruh Non Performing Financing dan Financing to Deposit Ratio Terhadap Return On Asset Pada PT. Bank Panin Dubai Syariah Periode 2012-2020”, perlu untuk diperdalam analisisnya agar dapat menemukan hasil yang sesuai dengan kejadian di lapangan dan teori yang ada.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh NPF dan FDR terhadap ROA dalam jangka pendek dan jangka panjang di Bank Panin Dubai Syariah periode 2012-2020. Jenis penelitian ini, penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Sumber data dari data sekunder time series laporan keuangan Bank Panin Dubai Syariah. Sampel melalui purposive sampling dengan diambil laporan keuangan triwulan Bank Panin Dubai Syariah periode 2012-2020. Analisa data menggunakan metode ECM yang meliputi: pengujian stasioneritas data, uji derajat integrasi, pengujian kointegrasi, uji kualitas engle granger, pengujian asumsi klasik, uji pengaruh jangka pendek, pengaruh jangka panjang, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan :1. NPF (Non Perfoming Financing) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dalam jangka pendek. NPF (Non Perfoming Financing) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dalam jangka panjang.2. FDR (Financing to Deposit Ratio) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dalam jangka pendek. FDR (Financing to Deposit Ratio) berpengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA) dalam jangka panjang.3. NPF (Non Perfoming Financing) dan FDR (Financing to Deposit Ratio) dalam jangka pendek tidak berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA). NPF (Non Perfoming Financing) dan FDR (Financing to Deposit Ratio) dalam jangka panjang berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Faizin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2022 08:10
Last Modified: 30 Nov 2022 08:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22117

Actions (login required)

View Item View Item