Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Berwirausaha Pada Peserta Lembaga Pelatihan Kursus Menjahit Modes Sari

Astuti, Lutfi Puji (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Berwirausaha Pada Peserta Lembaga Pelatihan Kursus Menjahit Modes Sari. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180063_LUTFI PUJI ASTUTI_ E THESES.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang sering dihadapi oleh negara Indonesia yaitu keterbatasan kesempatan kerja bagi masyarakat. Keterbatasan kesempatan kerja atau lapangan pekerjaan ini mengakibatkan masalah baru yakni pengangguran. Pengangguran dapat diatasi salah satunya dengan berwirausaha. Pengetahuan kewirausahaan dapat diperoleh pada pendidikan formal dan non formal. Pendidikan non formal seperti Lembaga Pelatihan Kursus Modes Sari. Setelah mengikuti pelatihan pada LPK Modes Sari diharapkan peserta pelatihan dapat mendirikan atau berwirausaha untuk mengurangi pengangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan. Penelitian ini bermaksud untuk menguji dan menganalisis faktor dukungan sosial, kepercayaan diri, keyakinan individu, motivasi, dan modal terhadap kesiapan berwirausaha pada peserta pelatihan di Lembaga Pelatihan Kursus menjahit Modes sari.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh berjumlah 60 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Metode analisis data menggunakan software SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan sosial berpengaruh signifikan terhadap kesiapan berwirausaha dengan nilai P-Values 0.025. Kepercayaan diri tidak berpengaruh signifikan terhadap kesiapan berwirausaha dengan nilai P-Values 0.764. Keyakinan individu berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan berwirausaha dengan nilai P-Values 0.011. Motivasi tidak berpengaruh secara signifikan dengan nilai P-Values 0.625. Modal tidak berpengaruh secara signifikan dengan nilai P-Values 0.646. Dengan hasil tersebut diharapkan Lembaga Pelatihan Kursus Modes Sari memberikan motivasi dan dukungan kepada peserta pelatihan agar memiliki kesiapan dalam berwirausaha kedepannya setelah lulus dari program pelatihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:46
Last Modified: 30 Nov 2022 07:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22116

Actions (login required)

View Item View Item