Strategi Promosi Usaha Pada Pengrajin Tempe Dalam Meningkatkan Penjualan Di Dusun Pucanganom Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri

Thohari, Muhammad Firman (2022) Strategi Promosi Usaha Pada Pengrajin Tempe Dalam Meningkatkan Penjualan Di Dusun Pucanganom Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717232_Muhammad Firman Thohari_Ekonomi Syariah..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Thohari, Muhammad Firman 2022, Strategi Promosi Usaha Tempe Di Dusun
Pucanganom Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri Skripsi.
Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Unun
Roudhotul Jannah.
Kata Kunci : Promosi Usaha, Volume Penjualan dan Pengrajin Tempe
Dengan terus bertumbuhnya roda perekonomian manusia, serta
pengembangan teknologi yang semakin canggih membuat persaingan dunia usaha
begitu dirasakan. Maka dari itu dalam usaha perlu menerapkan bauran promosi, yang
bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan. Untuk mengetahui strategi bauran
promosi pada pengrajin tempe dalam meningkatkan penjualan di Dusun Pucanganom
Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri, fokus penelitiannya adalah (1)
Bagaimana analisis bauran promosi dalam upaya meningkatkan penjualan pada
pengrajin tempe di Dusun Pucanganom Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri?
(2) Bagaimana dampak bauran promosi dalam meningkatkan penjualan pada
pengrajin tempe di Dusun Pucanganom Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan
yang dipakai pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu cara kerja
penelitian yang menekankan pada aspek pendalaman data demi mendapatkan kualitas
dari suatu hasil penelitian. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data
sekunder. Kemudian teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) meliputi bauran promosi yang diterapkan pada
pengrajin tersebut sudah dilakukan secara maksimal. Dari berbagai tahap elemen
bauran promosi seperti periklanan (advertising), promosi penjualan (sales
promotion), penjualan tatap muka (personal selling), dan hubungan masyarakat
(public relation). (2) Dampak Bauran Promosi dalam meningkatkan penjualan pada
pengrajin tempe di Dusun Pucanganom Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri,
sudah dapat dikatakan efektif dikarenakan semua bauran promosi yang direncanakan
sudah terealisasikan dengan sangat baik. Dengan demikian, bauran promosi yang
sudah terealisasikan tersebut membantu pengrajin Tempe di Dusun Pucanganom
Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri dalam meningkatkan penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Jannah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2022 07:45
Last Modified: 30 Nov 2022 07:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22115

Actions (login required)

View Item View Item