PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL AKHLAK LIL BANIN JILID 1 DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN MATERI AKIDAH AKHLAK KELAS V

Ghufron, Izma Amalia (2022) PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB AL AKHLAK LIL BANIN JILID 1 DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN MATERI AKIDAH AKHLAK KELAS V. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617112_IZMA AMALIA GHUFRON_PGMI-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ghufron, Izma Amalia. 2022. Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al Akhlak Lil Banin Jilid 1 Dan Kontribusinya Terhadap Pengembangan Materi Akidah Akhlak Kelas V. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.
Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Akhlakul Lil Banin, Materi Akidah Akhlak Kelas V.
Penelitian ini berangkat dari kegelisahan peneliti melihat terjadinya kemerosotan pendidikan akhlak siswa, yang terjadi pada lembaga pendidikan anak pada umumnya. Oleh karenanya, siswa perlu diajarkan berakhlak terhadap dunia sekitarnya agar nantinya ia tidak menjadi seseorang yang individualistis. Lebih dari itu, ia perlu ditanamkan akhlak yang mulia dan membersihkan akhlak yang tercela dari dalam diri seorang siswa, mengingat hal itu adalah termasuk salah satu tugas utama dari pendidikan. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan yang pada dasarnya ingin mewujudkan sosok manusia yang berakhlak mulia, sosok yang tidak hanya berakhlak untuk dirinya sendiri, namun juga terhadap orang lain. Perlunya manusia yang memperhatikan keseimbangan antara kepentingan jasmani dan rohani, dunia dan akhirat, materiil dan spiritual; manusia yang dapat bermanfaat untuk manusia lainnya. Pendidikan akhlak menjadi penting untuk dikaji secara mendalam agar dapat menciptakan generasi masa depan yang lebih baik. Salah satu kitab akhlak yang seringkali dikaji baik di lembaga pendidikan Pesantren maupun Sekolah adalah kitab Akhlakul Lil Banin yang menjadi media pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak. Kitab ini ternyata mengkaji dengan cukup komprehensif dimensi akhlak dari berbagai aspeknya. Ternyata pendidikan akhlak dalam kitab ini memiliki kontribusi terhadap pengembangan materi akidah akhlak siswa kelas V.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalam kitab Al-akhlak Lil Banin Jilid 1 karangan Syaikh Umar bin Ahmad Baradja’; 2) Untuk mengetahui kontribusi kitab Al-akhlak Lil Banin Jilid 1 terhadap pengembangan materi akidah akhlak siswa kelas V.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data melalui studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu melalui analisis isi (content analysis).
Dari penelitian ini dapat ditemukan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin jilid 1 karya Syeikh Umar Baradja yang mengandung spirit pendidikan akhlak di antaranya; sopan santun di rumah, akhlak kepada ibu, akhlak kepada bapak, akhlak kepada saudara, akhlak kepada kerabat, akhlak kepada tetangga, akhlak kepada guru, akhlak kepada teman, akhlak dalam berjalan, akhlak siswa di sekolah, dan toleransi); 2) Kitab akhlak lil banin jilid 1 ini memiliki kontribusi dalam kehidupan sehari-hari dalam hal ini dalam pengembangan materi akidah akhlak kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:43
Last Modified: 30 Nov 2022 06:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22110

Actions (login required)

View Item View Item