...(SCAN WARNA ASLI PADA LEMBAR BERTTD (TANPA WATERMARK), GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Batik Mukti Rahayu Perspektif Ekonomi Islam Desa Sidomukti Kabupaten Magetan

Purbaya, Moyang (2022) ...(SCAN WARNA ASLI PADA LEMBAR BERTTD (TANPA WATERMARK), GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Batik Mukti Rahayu Perspektif Ekonomi Islam Desa Sidomukti Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716153_Moyang Purbaya_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Purbaya, Moyang. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Batik Mukti Rahayu Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Desa Sidomukti Kabupaten Magetan). Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr.H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.
Kata Kunci: Pemberdayaan Ekonomi, KUBE, dan Ekonomi Islam.
Pemberdayaan merupakan kemampuan tenaga dan kekuatan yang harus ditingkatkan secara maksimal untuk mengembangkan kemampuan itu sendiri agar mandiri. Salah satu hal yang dilakukan untuk menjalankan pemberdayaan disini yaitu dengan mendirikan KUBE. KUBE sendiri adalah salah satu program pemerintah yang ada pada KEMENSOS RI khususnya di Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan yang bertujuan untuk memberdayakan kelompok masyarakat miskin dengan pemberian modal usaha melalui program Bantuan Langsung Pemberdayaan Sosial (BLPS) untuk mengelola Usaha Ekonomi Produktif (UEP). Islam sebagai satu-satunya agama yang diridhai Allah SWT memandang pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah sebagai salah satu cara agar manusia tersebut dapat terhindar dari kejahiliyahan dan dapat secara mandiri berusaha untuk mengubah nasib kehidupannya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan studi kasus yang merupakan bagian dari metode kualitatif yang hendak mendalami suatu kasus tertentu secara mendalam dengan melibatkan pengumpulan beraneka sumber informasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemberdayaan di KUBE Batik Mukti Rahayu, dampak KUBE Batik Mukti Rahayu dalam peningkatan perekonomian masyarakat, dan mengetahui prinsip pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui KUBE Batik Mukti Rahayu perspektif ekonomi Islam.
Di KUBE Mukti Rahayu sendiri mengalami perkembangan yang cukup signifikan seiring perkembangan zaman meskipun melalui banyak hambatan yang dihadapi. Begitu juga dengan para anggota mendapatkan keberdayaan ketika mulai bergabung dengan KUBE Mukti Rahayu dengan dibuktikannya beberapa wawancara yang menyebutkan bahwa para anggota mampu membeli kebutuhan hidup, menyekolahkan anaknya hingga jenjang perguruan tinggi, membeli ternak sapi, membangun rumah, membeli kendaraan, menyantuni anak yatim, membuat tabungan untuk masa depan dan lain sebagainya. Prinsip-prinsip pemberdayaan ekonomi masyarakat perspektif ekonomi Islam melalui KUBE Batik Mukti Rahayu di desa Sidomukti yang meliputi prinsip keadilan, prinsip persamaan, prinsip partisipasi, prinsip etos kerja dan prinsip tolong-menolong. Semua prinsip tersebut berperan dalam memberdayakan masyarakat sehingga masyarakat bisa berdaya dengan prinsip tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:42
Last Modified: 30 Nov 2022 06:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22109

Actions (login required)

View Item View Item