Pandangan Tokoh MUI Kabupaten Magetan terhadap Pendewasaan Usia Perkawinan dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan

Rosidi, Wasis Ayib (2022) Pandangan Tokoh MUI Kabupaten Magetan terhadap Pendewasaan Usia Perkawinan dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perkawinan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
3. TESIS UNTUK PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pernikahan dini dinilai membawa dampak negatif yang lebih besar ketimbang dampak positif.Untuk menghentikan laju pernikahan dini pemerintah mengubahketentuan usia dalam pernikahanyang semula pria 19 tahun lalu wanita 16 tahun, menjadi pria dan wanita sama-sama 19 tahun. Ketentuan tersebut disampaikan dalam Pasal 7 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 16 Tahun 2019 tentang perkawinan. Pernikahan sangat erat dengan norma keagamaan,akan tetapisyariat tidak pernah menyinggung soal batas usia seseorang boleh menikah. Oleh sebab itu untuk mendapatkan informasi yang komprehensif mengenai pandangan Islam terhadap peraturan tersebut penulis menggali informasi pada tokoh MUI Kabupaten Magetan. Informasi tersebut kemudian di potret dengan konsep maqa>s>>}hi>>d al-shari<’ah.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tokoh-tokoh MUI Kabupaten Magetan mendukung kebijakan yang telah di tetapkan, akan tetapi mereka menyarankan agar pemerintah memperhatikan aspek-aspek lainya seperti kualitas keilmuan, ekonomi dan sebagainya calon pengantin. Kemudian penggalian hukum yang dilakukan tokoh MUI Kabupaten Magetan untuk menasyrihkan Undang-undang No.16 tahun 2019 tentang Perkawinan telah sesuai dengan maqa>s>>}hi>>d al-shari<’ah.Hal tersebut dikarenakan dalam argumentasinya tokoh MUI Kabupaten Magetan memperhatikanal-Ku>lli>yat al-K}hams. Yaitu Pemeliharaan Agama (hifz al-D}i>n, Pemeliharaan Jiwa (hifz an-Na>fs), Pemeliharaan Akal (hifz al-a>ql), Pemeliharaan Keturunan (hifz al-Na>sl), dan Pemerliharaan Harta (hifz al-Ma>l).

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:40
Last Modified: 30 Nov 2022 06:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22108

Actions (login required)

View Item View Item