Perilaku Konsumtif Pada Konsumen E-commerce Shopee di Ponorogo Saat Flash Sale Dalam Perspektif Konsumsi Islam

Putri, Intan Nurdyahayuningtyas (2022) Perilaku Konsumtif Pada Konsumen E-commerce Shopee di Ponorogo Saat Flash Sale Dalam Perspektif Konsumsi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180224_Intan Nurdyahayuningtyas Putri_Ekonomi Syariah.pdf

Download (820kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Putri, Intan Nurdyahayuningtyas Putri. Perilaku Konsumtif Pada Konsumen E-Commerce Shopee Saat Flash Sale Dalam Perspektif Konsumsi Islam. Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Muhtadin Amri, M.S.Ak.
Kata kunci: Perilaku Konsumtif, E-Commerce, Konsumsi Islam.
Adanya promo flash sale mengakibatkan terjadinya peningkatan transaksi pada platform e-commerce Shopee hingga berkali-kali lipat dari hari biasa. Produk terbanyak yang menjadi incaran para konsumen adalah produk fashion dan kecantikan. Hal ini menunjukkan terjadinya perilaku konsumtif pada konsumen e-commerce Shopee dimana para konsumen melakukan transaksi yang seringkali berlebihan dengan membeli barang hanya berdasarkan keinginan tanpa mempertimbangkan dari aspek kebutuhan. Islam telah mengatur bagaimana seharusnya konsumsi dilakukan. Dalam perspektif Islam konsumsi dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan bukan untuk keinginan semata. Hal ini tidak sesuai dengan perilaku konsumsi yang dilakukan oleh para konsumen e-commerce Shopee saat flash sale.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis secara mendalam motif, tujuan serta dampak dari perilaku konsumtif pada e-commerce Shopee saat flash sale dan bagaimana konsumsi Islam memandang fenomena tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Objek dalam penelitian ini adalah konsumen e-commerce Shopee di ponorogo. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini yaitu: 1) Motif konsumen berbelanja saat flash sale adalah adanya promo potongan harga, gratis ongkos kirim, kemudahan akses dan kemudahan pembayaran, motif tersebut diperbolehkan dalam Islam selama tetap menaati norma dan etika konsumsi yang berlaku. 2) Tujuan belanja setiap konsumen bervariasi tergantung kepentingan dari masing-masing konsumen dan tidak semuanya berperilaku konsumtif pada saat flash sale. Islam hanya membolehkan tujuan-tujuan yang sesuai etika konsumsi di dalam Islam 3) Adanya flash sale memberikan keuntungan dan dampak yang baik bagi sebagian konsumen. Serta membuat terjadinya perilaku konsumtif kepada beberapa konsumen lainnya dengan munculnya perilaku hedon, berbelanja hanya untuk mengisi waktu luang tanpa tujuan yang jelas serta munculnya sikap kurang bijak dalam berbelanja dengan mengikuti kebutuhan palsu, yang membuat konsumen tidak mengindahkan prinsip-prinsip kesederhanaan dalam konsumsi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:39
Last Modified: 30 Nov 2022 06:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22103

Actions (login required)

View Item View Item