Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Pembiayaan, dan Modal Terhadap Laba Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2019

Yunticaningtyas, Amilya (2022) Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Pembiayaan, dan Modal Terhadap Laba Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMILYA YUNTICANINGTYAS ETESIS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Yunticaningtyas, Amilya. 2022. Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Pembiayaan dan Modal Terhadap Laba Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2015-2019. Skripsi, 2022. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata Kunci: DPK, Pembiayaan, Modal, Laba.
Laba merupakan tingkatan keuntungan yang diperoleh berdasarkan berbagai kegiatan perbankan baik penyaluran pembiayaan ataupun yang lainnya. Berdasarkan teori, laba dapat di pengaruhi oleh permodalan, pembiayaan, non perfoming finance, dana pihak ketiga, biaya operasional. Secara teori variabel dana pihak ketiga berpengaruh positif terhadap laba karena jika dana pihak ketiga naik maka laba juga akan meningkat. Pembiayaan juga berpengaruh positif terhadap laba karena jika pembiayaan naik maka laba juga akan meningkat. Modal juga berpengaruh positif terhadap laba karena jika modal yang diperoleh naik maka laba akan mengalami peningkatan. Peneliti menemukan dari beberapa Bank Umum Syariah yang di teliti terdapat masalah yaitu ketika dana pihak ketiga meningkatan, laba pada bank tersebut mengalami penurunan. Selanjutnya ketika pembiayaan menurun, laba pada bank tersebut mengalami peningkatan. Ketika modal meningkat, laba pada bank tersebut justru mengalami penurunan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dana pihak ketiga berpengaruh terhadap laba pada Bank Umum Syariah? apakah pembiayaan berpengaruh terhadap laba pada Bank Umum Syariah? apakah modal berpengarh terhadap laba pada Bank Umum Syariah? apakah dana pihak ketiga, pembiayaan, dan modal berpengaruh secara simultan terhadap laba pada Bank Umum Syariah?
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yakni data tahunan yang dipublikasikan 8 Bank Umum Syariah di Indonesia selama periode tahun 2015-2019 yang di akses dari masing-masing bank. Data yang di peroleh kemudian di olah dengan menggunakan EVIEWS versi 10. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah pemilihan model regresi data panel, uji chow, uji hausman, uji asumsi klasik, uji t, uji f, koefisien determinasi dan persamaan model regresi data panel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dana pihak ketiga berpengaruh signifikan terhadap laba pada Bank Umum Syariah hal ini di buktikan dengan nilai prob sebesar 0.001 (2) pembiayaan berpengaruh signifiksn terhadap laba Bank Umum Syariah hal ini di buktikan dengan nilai prob sebesar 0.003 (3) modal berpengaruh terhadap laba Bank Umum Syariah hal ini membuktikan dengan nilai prob sebesar 0.032 (4) secara simultan dana pihak ketiga, pembiayaan, modal berpengaruh terhadap laba hal ini dibuktikan dengan nilai uji F sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:53
Last Modified: 30 Nov 2022 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22090

Actions (login required)

View Item View Item