...(SCAN FILE BERTTD APA ADANYA TANPA WATERMARK, UPLOAD ULANG)...Peran Account Officer Dalam Pemenuhan Prinsip Kehati-hatian Pada Pembiayaan Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Magetan

Sapitri, Sapitri (2022) ...(SCAN FILE BERTTD APA ADANYA TANPA WATERMARK, UPLOAD ULANG)...Peran Account Officer Dalam Pemenuhan Prinsip Kehati-hatian Pada Pembiayaan Di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817206_SAPITRI_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Sapitri. 2022. Peran Account Officer Dalam Pemenuhan Prinsip Kehati-hatian Pada Pembiayaan diBank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Magetan.Skripsi, 2022. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata Kunci:Peran Account Officer, Penerapan Prinsip Kehati-hatian, Mekanisme Pemberian Pembiayaan.
Pembiayaan merupakan aktivitas dari lembaga keuangan syariah dalam menyalurkan dana kepada nasabah berdasarkan prinsip syariah. Peran account officer dan penerapan prinsip kehati-hatian oleh account officer merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi Bank Syariah Indonesia KCP Magetan dalam melakukan pembiayaan dan acuan bagi Bank Syariah Indonesia KCP Magetan untuk meyakini kelayakan atas permohonan pembiayaan. Dalam realisasi pembiayaan bank selalu membutuhkan seorang account officer untuk menganalisis calon nasabah dalam melakukan suatu pembiayaan, karena banyak dijumpai kasus nasabah yang masih gagal dalam mengajukan pembiayaan di BSI Magetan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran Account Officer pada pembiayaan di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Magetan? Bagaimana penerapan prinsip kehati-hatian oleh Account Officer pada pembiayaan di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Magetan? Bagaimana mekanisme pemberian pembiayaan oleh Account Officer di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Magetan?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dan sumber data diperoleh dari pihak Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Magetan. Teknik pegumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, setelah itu data dianalisis denganmenggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peran Account Officer pada Pembiayaan di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Magetan telah sesuai dengan teori dari Jusup Jopie yaitu mengelola account, mengelola produk, mengelola kredit, mengelola penjualan, dan mengelola profitability. Penerapan Prinsip Kehati-hatian oleh Account Officer di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Magetan menggunakan prinsip 5C yaitu: character (karakter/sifat), capacity (kemampuan), capital (modal), dan collateral (jaminan/agunan) telah dilakukan dengan tepat sesuai teori dari Ismail. Mekanisme pemberian pembiayaan oleh Account Officer di Bank Syariah KCP Magetan adalah permohonan pembiayaan, pengumpulan data dan investigasi, analisis pembiayaan, persetujuan pembiayaan, pengumpulan data tambahan, akad/pengikatan, pencairan, dan monitoring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:35
Last Modified: 30 Nov 2022 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22084

Actions (login required)

View Item View Item