Analisis Strategi Layanan Jasa Pos Surat Korporat Pada Kantor Pos Cabang Utama Madiun

Rofi’unnisaa, Hafizhah (2022) Analisis Strategi Layanan Jasa Pos Surat Korporat Pada Kantor Pos Cabang Utama Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180208_Hafizhah Rofi’unnisa_ES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rofi’unnisaa, Hafizhah. Analisis Strategi Layanan Jasa Pos Surat Korporat Pada Kantor Pos Cabang Utama Madiun. Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Faruq Ahmad Futaqi, SE., M.E

Kata Kunci: Strategi Pelayanan, Layanan Prima, Surat Korporat

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengataman secara langsung pengiriman surat/barang korporat di Kantror Pos Cabang Utama Madiun, yaitu seringkali adanya keluhan yang terkait dengan pelayanan pengiriman barang dan surat korporat yang terlambat bahkan tak sampai ke tangan penerima. Hal ini menarik untuk diteliti lebih mendalam terkait dengan pelayanan korporat di PT Pos Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi layanan yang diterapkan pada jasa Pos surat korporat di Kantor Pos Cabang Utama Madiun. untuk mengetahui dampak strategi layanan pada kepuasan konsumen jasa Pos surat korporat di Kantor Pos Cabang Utama Madiun dan untuk mengetahui inovasi jasa layanan surat korporat yang dilakukan oleh Kantor Pos Cabang Utama Madiun. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan wawancara beberapa narasumber yaitu pegawai Kantor Pos Yeyen Dwi Widyawati dan Lusi Nurmawati serta Anisa selaku konsumen.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi layanan surat korporat memperhatikan 5 elemen yaitu kehandalan, jaminan, daya tanggap, bukti nyata dan empati, strategi layanan yang diberikan oleh Kantor Pos Cabang Madiun memberikan dampak negatif dan positif. Dampak positif yang terjadi adalah pendapatan yang meningkat setiap bulannya. Konsumen yang merasakan cukup puas dengan layanan yang diberikan. Banyaknya perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan Kantor Pos Cabang Madiun dalam bidang surat korporat. Bertambahnya kosumen dan konsumen tetap yang selalu menjaga hubungan baik dengan pihak kantor Pos Cabang Madiun. Namun masih ada strategi layanan yang tidak maksimal yaitu karena adanya komplain karena keterlambatan pengiriman. Inovasi yang diberikan antara lain memberikan diskon dan juga meningkatkan kerja sama dengan beberapa perusahaan finance.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2022 06:38
Last Modified: 29 Nov 2022 06:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22074

Actions (login required)

View Item View Item