..(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRIWATI MELALUI INTERNALISASI PANCA JIWA (STUDI KASUS DI PESANTREN PUTRI AL-MAWADDAH) SKRIPSI

MAULIDA, AFIFI RISQI (2022) ..(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRIWATI MELALUI INTERNALISASI PANCA JIWA (STUDI KASUS DI PESANTREN PUTRI AL-MAWADDAH) SKRIPSI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180007_AFIFI RISQI MAULIDA_SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maulida, Afifi Risqi. 2022. Pembentukan Karakter Santriwati Melalui Internalisasi Panca Jiwa (Studi Kasus Di Pesantren Putri Al-Mawaddah). Skripsi jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing, Prof. Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M. Ag.
Kata Kunci: Karakter, Santriwati, Pondok Pesantren.
Perkembangan teknologi dan kemajuan yang semakin pesat ini, berdampak pada menurunnya akhlak dan karakter positif para remaja putri di kehidupan sehari-hari. Penurunan karakter dari yang semula karakter positif atau baik menjadi karakter yang negatif atau kurang baik, termasuk santriwati di Pesantren Putri Al-Mawaddah, sehingga pendidikan karakter di lingkungan pesantren sangat dibutuhkan, guna menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks.
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pembentukan karakter santriwati di pesantren putri Al-Mawaddah. Mengetahui dan menganalisis implikasi proses pembentukan karakter santriwati melalui panca jiwa dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa, proses pembentukan karakter santriwati melalui internalisasi panca jiwa dilakukan dengan penyusunan peraturan dan implementasinya, suri tauladan dari para pimpinan, ustadz dan ustādzah serta pengurus OSWAH, pembiasaan berakhlak baik, pemberian materi di dalam kelas dan di luar kelas, dan penugasan wali asrama dan pengurus kamar.
Faktor pendukung dalam proses pendidikan akhlak bagi remaja putri adalah lingkungan pesantren yang baik dan islami, adanya sanksi bagi pelanggar peraturan dan adanya penanaman akhlak islami melalui mata pelajaran yang diajarkan di kelas. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan orang tua, teman dekat yang berakhlak madhmumah dan kurangnya kesadaran remaja putri dalam berakhlak baik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2022 08:04
Last Modified: 28 Nov 2022 08:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22065

Actions (login required)

View Item View Item