Analisis Daur Hidup Produk (Product Life Cycle) Dalam Pengembangan Usaha Budidaya Jamur Tiram Di Kecamatan Parang, Magetan

Evilia, Heni (2022) Analisis Daur Hidup Produk (Product Life Cycle) Dalam Pengembangan Usaha Budidaya Jamur Tiram Di Kecamatan Parang, Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
401180215_Heni Evilia_Ekonomi Syariah.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Heni Evilia. Analisis Daur Hidup Produk (Produk Life Cycle) Dalam Pengembangan Usaha Budidaya Jamur Tiram Di Kecamatan Parang Magetan. Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Aji Damanuri, M.E.I
Kata kunci: Daur Hidup Produk (Product Life Cycle), Pengembangan, Budidaya Jamur Tiram
Daur Hidup Produk (Product Life Cycle) merupakan tahapan suatu produk dari lahir sampai ditarik dari pasaran. Pada dasarnya tahapan-tahapan dalam teori Daur Hidup Produk (Product Life Cycle) ada 4, yaitu: introduction, growth, maturity dan decline. Penerapan strategi pengembangan yang baik, akan meningkatkan pertumbuhan usaha Budidaya Jamur Tiram.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis posisi produk, faktor internal dan faktor eksternal dan strategi pengembangan yang dilakkukan pada usaha Budidaya Jamur Tiram di Kecamatan Parang, Magetan. Sehingga usaha Budidaya Jamur Tiram dapat bertahan selama kurang lebih 7 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis Daur Hidup Produk (Product Life Cycle) yang di lakukan menunjukkkan bahwa posisi pasar usaha Budidaya Jamur Tiram di kecamatan Parang, Magetan berada pada tahap pengembangan. Hal ini dikarenakan usaha ini sempat mengalami kemunduran karena terdampak pandemi Covid-19 pada tahun 2020. Berdasarkan analisis faktor internal dan faktor eksternal usaha ini cukup memiliki peluang untuk mengembangkan usaha. Kemudian, strategi pengembangan yang dilakukan dengan meningkatkan kualitas produk. Selanjutnya untuk meningkatkan perkembengan usaha Budidaya Jamur Tiram perlu menambah tenaga kerja dan pencatatan laporan keuangan secara rinci.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2022 07:04
Last Modified: 28 Nov 2022 07:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22058

Actions (login required)

View Item View Item