Implementasi Wakaf Produktif Di Lembaga Madrasah Diniyah Baiturrohman Desa Grudo Kecamatan Ngawi Menurut Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf

Chilmi, Mu'izzul (2022) Implementasi Wakaf Produktif Di Lembaga Madrasah Diniyah Baiturrohman Desa Grudo Kecamatan Ngawi Menurut Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Mu'izzul Chilmi.pdf

Download (793kB) | Preview

Abstract

Chilmi, Mu’izzul. 2022. Implementasi Wakaf Produktif di Lembaga Madrasah Baiturrohman Desa Grudo Kecamatan Ngawi menurut Undang-Undang nomor 41 tahun 2004 tentang Wakaf Dalam Mengelola Wakaf. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Huda, M.Ag.
Kata Kunci: Wakaf Produktif, Pengelolaan Wakaf, Pendistribusian Hasil.
Wakaf merupakan salah satu ajaran Islam yang berdimensi spiritual, dan bermanfaat untuk masyarakat secara umum untuk kesejahteraan ekonomi. Dalam hal ini wakaf diatur dalam Undang-Undang Nomor 41 tahun 2004 tentang wakaf. Dimana dalam salah satu pasalnya menyatakan bahwas nazir memiliki kewajiban untuk mengelola harta benda wakaf, hal ini tercantum dalam pasal 42 sampai 46 dan pasal 22 sampai 23. Faktanya di Lembaga Madrasah Diniyah Baiturrohman desa grudo Kecamatan Ngawi terdapat sebidang tanah wakaf yang belom maksimal dalam mengelola wakaf produktif, sehingga hal ini tidak sesuai dengan pernyataan yang ada di dalam teori tentang kewajiban nazir. Padahal jika aturan ini dilaksanakan, wakaf akan lebih produktif dan bermanfaat bagi masyarakat secara luas.
Berdasarkan uraian di atas rumusan masalah skripsi ini adalah Pertama, bagaimana sistem pengelolaan wakaf produktif di Lembaga Madrasah Diniyah Baiturrohman Desa Grudo Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi menurut Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf?. Kedua, bagaimana sistem pendistribusian hasil pengelolaan tanah wakaf produktif di Lembaga Madrasah Diniyah Baiturrohman Desa Grudo Kecamatan Ngawi ditinjau dari Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf?.
Adapun jenis penilitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah field research (penelitian lapangan) yang hakekatnya merupakan metode untuk menemukan secara khusus dan realistis yang tengah terjadi pada masyarakat. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif yaitu penelitian hukum yang dikonsepkan sebagai apa yang yang tertulis dalam peraturan Undang-Undang (law in book) atau hukum dikonsepkan sebagai kaidah atau norma yang merupakan perilaku manusia yang dianggap pantas.
Kesimpulan dari penelitian ini yakni: (1) Sistem pengelolaan wakaf produktif di Lembaga Madrasah Diniyah Baiturrohman Desa Grudo Kecamatan Ngawi sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 pada pasal 44 karena nadzir tidak melakukan perubahan betuk wakaf sesuai dengan ikrar wakaf dan melakukan pengelolaan wakaf produktif berupa sawah dengan cara sewa sesuai pasal 43. (2) Hasil dari wakaf tersebut didistribusikan untuk kesejahteraan Madrasah Diniyah Baiturrohman. Hal tersebut sesuai Undang-Undang Nomor 41 tahun 2004 pada pasal 22, yaitu digunakan untuk sarana dan kegiatan pendidikan. Akan tetapi belom maksimal karena belom bisa sesuai tujuan wakaf yaitu untuk memberikan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:55
Last Modified: 28 Nov 2022 06:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22044

Actions (login required)

View Item View Item