TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TERHADAP PRAKTIK PERNIKAHAN HAMIL DILUAR NIKAH SISTEM LOTRE (Studi Kasus di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun)

Huda, Qosim Nur (2022) TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TERHADAP PRAKTIK PERNIKAHAN HAMIL DILUAR NIKAH SISTEM LOTRE (Studi Kasus di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
QOSIM NUR HUDA_101180097_HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nur Huda, Qosim. 2022. Tinjauan maslahah musrasalah terhadap praktik pernikahan hamil di luar nikah sistem lotre (study kasus di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Huda, M.ag.
Kata Kunci: Maslahah Mursalah, Pernikahan hamil di luar nikah, Sistem lotre
Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan tehnologi sekarang ini, banyak kejadian pergaulan bebas yang terjadi dikalangan remaja di zaman sekarang. Dengan demikian dalam hal pernikahan tidak sesuai dengan hukum Islam. Seperti halnya pernikahan dengan sistem lotre, yaitu di saat menentukan calon suami dengan cara melotre, karena korban yang hamil di luar nikah tersebut tidak hanya berhubungan badan dengan satu orang saja, melainkan dengan orang banyak, yang kemudian menjadikan sebuah kesulitan dalam menentukan siapa yang dimintai pertanggung jawaban untuk menikahi korban tersebut. Cara lotre tersebut diambil sebagai jalan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Itulah yang di sebut dengan pernikahan dengan sistem lotre. Hal ini berlawanan dengan syariat Islam, namun oleh masyarakat Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun tersebut dijadikan sebagai jalan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tinjauan maslahah mursalah terhadap pelaksanaan kawin hamil dalam pernikahan lotre di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun ? 2) Bagaimana dampak dari praktik pernikahan lotre atas nilai pernikahan di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun ?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang di lakukan adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian, di analisis dengan menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Praktik pernikahan hamil di luar nikah dengan sistem Lotre di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo kabupaten Madiun tersebut, diperbolehkan sebagai jalan penyelesaian dalam kasus yang terjadi tersebut. Bukan menjadikan di perbolehkannya berhubungan badan di luar ikatan pernikahan. 2) Setelah dilakukannya penelitian pada kasus ini dapat disimpulkan bahwa, sistem Lotre tersebut yang dijadikan sebagai penyelesaian permasalahan mengandung dampak yang positif juga dampak yang negatife.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Huda
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:53
Last Modified: 28 Nov 2022 06:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22043

Actions (login required)

View Item View Item