...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN BERTTD DAN STEMPEL, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB), UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...PERAN KEGIATAN EKSTRA KURIKULER PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA DI MAN 3 MADIUN

Abdul, Hafidz Hidayatullah (2022) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN BERTTD DAN STEMPEL, TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB), UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...PERAN KEGIATAN EKSTRA KURIKULER PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI SISWA DI MAN 3 MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI A5 201180245 ABDUL HAFIDZ HIDAYATULLAH.docx

Download (966kB)

Abstract

ABSTRAK
Hidayatullah, Abdul Hafidz, 2022. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Di MAN 3 Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Lia Amalia, M,Si.
Kata kunci: Ekstrakurikuler, Pramuka, Efikasi Diri
Efikasi diri merupakan suatu tindakan yang dilakukan siswa sesuai aturan dan percaya diri. Oleh karena itu efikasi diri perlu ditanamkan pada siswa disekolah, dengan membiasakan percaya diri dan dapat menyelesaikan tugas denga baik, maka nantiya siswa tersebut akan menjadi manusia yang dapat berguna bagi bangsa, masyarakat, dan menjadi penerus atau generasi yang berkualitas. Maka begitu pentinganya suatu efikasi diri terhadap diri siswa karena ini merupakan pembentukan keberanian dan mental siswa dari berbagai penyimpangan seperti siswa tidak mau menyelesaikan tugas sekolah, tidak mau bersosialisasi pada orang lain, maka untuk mengatasi masalah tersebut atau untuk mningkatakan efikasi diri siswa dengan ini sekolah membentuk kegiatan di luar jam plajaran yang lebih kita kenal dengan kegiatan ekstrakurikuler pramuka, yang mana kegiatan ini didalam nya terdapat kegiatan-kegiatan yang menyenagkan dan erat dengan pembentukan efikasi diri siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Madiun. Adapun dengan tujuan penelitian ini secara umum peneliti mendeskripsikan bagaimana cara proses peningkatan efikasi diri siswa dengan melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Secara khusus dari peneliti yang ingin dicapai dalam penelitian

ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MAN 3 Madiun: 2) Mendeskripsikan peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan efikasi diri siswa.
Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian studi deskriptif pengumpulan data pada penelitian ini antara lain observasi partisipan, wawanncara mendalam, dokumentasi sedangkan untuk menguji keabsahan peneliti melakukan tiga cara yaitu perpanjangan keikutsertaan ketekunan atau keajengan dan triangulasi atau membandingkan wawancara, observasi, dan catatan lapangan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat disampaikan bahwa. 1) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dilaksanaka setiap hari jum’at jam 14-30-16-00 WIB yang diikuti seluruh siswa dalam pelaksanaan terdapat dua golongan didalam ruangan dan di lapangan. 2) peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka sangat menunjang efikasi diri siswa sesuai dengan dasa darma pramuka no sembilan bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Selain itu peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam meningkatkan efikasi diri siswa adalah sebagai pembentuk efikasi diri, pendorong efikasi diri siswa, pendukung efikasi diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:41
Last Modified: 28 Nov 2022 06:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22038

Actions (login required)

View Item View Item