Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas 3 di MIN 6 Ponorogo

Rohmah, Mabsusatur (2022) Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas 3 di MIN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617185_MABSUSATUR ROHMAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rohmah, Mabsusatur. 2021. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas 3 di MIN 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Wirawan Fadly, M.Pd.
Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar IPA
Motivasi belajar adalah dorongan yang timbul dari dirinya atau dari luar dirinya untuk melakukan sesuatu sebab tujuan tertentu yang ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku karena sebab pengalaman yang lalu atau saat ini,dengan adanya stimulus dan respon yang saling bekerjasama. Urgensi motivasi dalam belajar juga salah satu bentuk indikator tercapainya keberhasilan belajar siswa. dalam penelitian ini penulis mencoba untuk mencari beberapa sumber terkait yang menyebabkan motivasi belajar siswa, salah satu di antaranya adalah pengawasan dan bimbingan dari orang tua sebagai solusi pertama yang mampu memotivasi siswa, dan juga pemenuhan sarana belajar yang ada di sekolah yang diusahakan dengan sedemikian rupa juga menjadi bentuk atau cara motivasi secara pasif sebagai usaha dan selanjutnya tergantung siswa dalam mensikapi proses belajarnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1)ada tidaknya Pengaruh antara Fasilitas Belajar dengan Motivasi Belajar IPA, 2)ada tidaknya Pengaruh Lingkungan Keluarga dengan Motivasi Belajar IPA, 3)ada tidaknya pengaruh Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar IPA.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan Expost Facto. Dengan menggunakan analisis data teknik regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penlitian ini berjumlah 38 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan teknik sampel jenuh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara fasilitas belajar terhadap motivasi belajar IPA dibuktikan dengan nilai hubungan/korelasi (R)= 0,336 dengan tingkat korelasi sedang dan besarnya kontribusi (R2)= 11,3%. ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap Motivasi belajar IPA dibuktikan dengan nilai hubungan/korelasi (R)= 0,326 dengan tingkat korelasi sedang dan besarnya kontribusi(R2)= 10,6%. ada pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar IPA dibuktikan dengan nilai hubungan/korelasi(R) =0,432 dengan tingkat korelasi sedang dan besarnya kontribusi(R2)= 18,7%. hasil tersebut dapat dilihat dengan adanya beberapa faktor disebabkan Dengan daya dukung lingkungan keluarga dan daya dukung fasilitas, seseorang akan cenderung terdorong keinginannya untuk belajar lebih baik serta lebih mudah memahami pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:29
Last Modified: 28 Nov 2022 06:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22023

Actions (login required)

View Item View Item