...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PENGESAHAN, PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Strategi Dinas Perdagangan Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Di Kabupaten Ponorogo Pada Masa Pandemi Covid-19

Saputri, Eka Wahyu (2022) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PENGESAHAN, PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Strategi Dinas Perdagangan Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo Dalam Mengembangkan Usaha Mikro Di Kabupaten Ponorogo Pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Eka-Upload etheses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Saputri, Eka Wahyu. Strategi Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo dalam Mengembangkan Usaha Mikro di Kabupaten Ponorogo Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. 2022. Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Mansur Azis, Lc., M.S.I.
Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Usaha Mikro, Pandemi Covid-19.

Pandemi covid-19 merupakan fenomena global yang membawa dampak terhadap berbagai bidang, tidak terkecuali bidang ekonomi. Usaha mikro yang termasuk di dalamnya pun turut merasakan dampaknya. Berdasarkan hasil survey Kementerian Koperasi dan UKM, dinyatakan bahwasannya terdapat 23,01% UMKM mengalami penurunan omset, 19,50% mengalami hambatan distribusi, dan 19,45% mengalami kendala permodalan. Hal seperti ini tidak bisa dibiarkan saja, mengingat peran UMKM sendiri yang begitu besar dalam memperkuat sendi-sendi perekonomian bangsa melalui kontribusinya terhadap PDB, penyerapan tenaga kerja,dan total investasi. Di samping hal itu, terdapat sebuah teori yang menyatakan bahwasannya pemerintah dan masyarakat sama-sama bertanggungjawab untuk mengembangkan serta memberdayakan usaha mikro, yang menjadi penopang perekonomian bangsa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi Dinas Perdagkum Ponorogo dalam mengembangkan usaha mikro di Kabupaten Ponorogo pada masa pandemi covid-10, faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat upaya pengembangan usaha mikro, serta dampak dari penerapan strategi pengembangan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini di analisis menggunakan metode deduktif yang diawali dengan pernyataan umum dan diakhiri dengan kesimpulan khusus.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi Dinas dalam mengembangkan usaha mikro adalah dengan program pelatihan, fasilitasi, serta bantuan penguatan permodalan, dan pembentukan klaster usaha. Adapun faktor yang mendukung adalah adanya struktur organisasi dan pembagian tugas yang jelas, dan adanya keberagaman potensi usaha. Sedangkan faktor yang menghambat adalah kurangnya pengarahan dari dinas terkait pemasaran secara digital, rendahnya kesadaran pelaku usaha terkait pentingnya kredibilitas usaha, serta ketidaktepatan sasaran dari penyaluran BPUM. Adapun dampak dari penerpan strategi tersebut adalah meningkatnya kualitas SDM pelaku usaha mikro, terbatasnya jangkauan pemasaran, menurunnya produktivitas usaha, serta menguatnya jaringan antar para pelaku usaha karena adanya pembentukan klaster usaha oleh dinas Perdagkum Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mansur Azis
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:17
Last Modified: 28 Nov 2022 06:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22017

Actions (login required)

View Item View Item