Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick pada Pembelajaran IPS di SD Tarbiyatul Islam Ponorogo

Wardani, Suci Kusuma (2022) Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick pada Pembelajaran IPS di SD Tarbiyatul Islam Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180116_Suci Kusuma Wardani_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena yang terjadi di Kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo menunjukkan bahwa terdapat kekurangan dalam kegiatan proses pembelajaran yang berhubungan dengan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Masih terdapat beberapa siswa di kelas yang memiliki motivasi belajar dan hasil belajar yang kurang maksimal khususnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Rendahnya motivasi belajar pada siswa kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo menyebabkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menjadi rendah . Selain itu, selama kegiatan pembelajaran berlangsung didapati dengan rendahnya rasa ingin tahu siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), siswa enggan untuk bertanya, siswa cenderung diam, siswa bersikap pasif dalam kegiatan bertanya mengenai mata pelajaran yang diajarkan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui model pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo, (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Talking Stick terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SD Tarbiyatul Islam Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana di dalam kelas yang di teliti terdapat 20 siswa dengan menggunakan instrumen yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (implementation), pengamatan (observation), refleksi (reflection). Pada bagian perencanaan yang dilakukan peneliti adalah membuat RPP, mempersiapkan alat, dan mempersiapkan instrumen. Pada bagian pelaksanaan yang dilakukan peneliti adalah guru memulai kegiatan pembelajaran, guru menyampaikan materi pokok, guru dan siswa menyimpulkan hasil pembelajaran. Pada bagian pengamatan yang dilakukan peneliti adalah guru mengamati belajar siswa, guru mengamati hasil belajar siswa. Pada bagian refleksi yang dilakukan peneliti adalah merefleksi hasil pengamatan dan motivasi belajar siswa.
Motivasi siswa pada proses pembelajaran lebih meningkat. Hal ini dapat dilihat dari aktifitas di kelas, dalam mendengarkan penjelasan guru, kerjasama dalam kelompok dan siswa dapat mengerjakan soal dengan baik. Pada siklus I motivasi peserta didik mencapai 35 % dan pada siklus II mencapai 65%. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Talking Stick. Hal ini dapat dilihat dari prosentase hasil belajar siswa pada siklus I hanya 15% dan pada siklus II mengalami peningkatan hasil persentase yang diperoleh sebesar 40%. Maka tindakan yang diberikan oleh peneliti dengan menggunakan metode Talking Stick mampu meningkatkan hasil belajar siswa dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2022 09:05
Last Modified: 25 Nov 2022 09:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22011

Actions (login required)

View Item View Item