Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Deposito Mudharabah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Cokroaminoto

Paraswati, Vizza Aestralita (2022) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Deposito Mudharabah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Cokroaminoto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210816130_VIZZA AESTRALITA PARASWATI_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Paraswati, Vizza Aestralita. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Terhadap Deposito Mudharabah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Cokroaminito”. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Yulia Anggraini, S.A.B., M.M.
Kata Kunci: Deposito mudharabah, Pengetahuan, Pendapatan, Religi, Pelayanan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat nasabah dalam memilih produk deposito mudharabah. Untuk bisa menarik masyarakat, setiap perusahaan harus mengetahui apa keinginan dan kebutuhan terhadap produk dan jasa yang sesuai kebutuhan yang ditawarkan. Bank syariah sebagai lembaga keuangan perlu mengkonsumsikan setiap produk yang ditawarkan. Hal ini dilakukan agar masyarakat luas mengetahui serta memahami fasilitas dan jenis-jenis produk perbankan syariah, sehingga menarik minat masyarakat untuk membeli manfaat dari produk dan jasa bank. Produk dan jasa yang ditawarkan harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Dan penentuan pemilihan minat nasabah yang terjadi pada masyarakat tidak disebabkan tanpa ada alasan yang jelas. Sehingga perlu diadakannya penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah terhadap deposito mudharabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Ponorogo Cokroaminoto? 2) Faktor apa yang paling dominan mempengaruhi minat nasabah terhadap deposito mudharabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Ponorogo Cokroaminoto?
Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis faktor, lalu menarik kesimpulan berdasarkan hasil pengolahan data tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap deposito mudharabah dalam memilih lembaga keuangan syariah. Tujuh faktor yang terbentuk adalah: faktor pelayanan, faktor religi, faktor dimensi konsekuensi, faktor pengetahuan, faktor bukti fisik, faktor pendapatan, dan faktor jaminan. Serta faktor dominan yang mempengaruhi minat nasabah deposito mudharabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Ponorogo Cokroaminoto adalah faktor pelayanan. Faktor pelayanan yang meliputi bukti fisik, bukti fisik, pembelian, pengalaman, dan empati. Karena pada faktor pertama memiliki nilai persentage of varians sebesar 25,938%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:30
Last Modified: 25 Nov 2022 07:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22006

Actions (login required)

View Item View Item