Pengaruh perilaku pemimpin, komunikasi interpersonal dan budaya sekolah terhadap produktivitas kerja guru di Sekolah Dasar Gugus 3 Kecamatan Babadan Tahun Pelajaran 2022/2023

Cahyanti, Eva Tri (2022) Pengaruh perilaku pemimpin, komunikasi interpersonal dan budaya sekolah terhadap produktivitas kerja guru di Sekolah Dasar Gugus 3 Kecamatan Babadan Tahun Pelajaran 2022/2023. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD TESIS EVA TC.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Produktivitas kerja guru merupakan suatu tolak ukur atas jumlah dan kualitas performa pekerjaan yang dilakukan oleh guru. Seorang guru yang berkualitas menjadi indikasi produktivitas kerja guru yang tinggi. Produktivitas kerja guru memiliki kaitan erat dengan eksistensi guru dalam sebuah proses pembelajaran. Pada implementasinya di lapangan menunjukkan bahwa produktivitas kerja guru belum tercipta secara maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya, perilaku pemimpin sekolah yang kurang menaruh perhatian pada guru dalam hal pembimbingan, teladan dan pengarahan maupun komunikasi dua arah terhadap aktivitas gurunya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh perilaku pemimpin terhadap produktivitas kerja guru, (2) pengaruh komunikasi interpersonal terhadap produktivitas kerja guru, (3) pengaruh budaya sekolah terhadap produktivitas kerja guru, dan (4) pengaruh secara bersama-sama antara perilaku pemimpin, komunikasi interpersonal dan budaya sekolah terhadap produktivitas kerja guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non experimen yang bersifat ex post facto. Adapun pengumpulan datanya, menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan linier berganda yang perhitungannya menggunakan bantuan IBM SPSS 16. Penelitian ini bertempat di SDN Ngunut, SDN Bareng, SDN Gupolo, SDN Cekok, SDN 1 Polorejo dan SDN 2 Polorejo. Jumlah populasi sebanyak 47 orang dan sampel sebanyak 27 orang.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa (1) H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti perilaku pemimpin berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru dengan nilai thitung > ttabel sebesar 10,864 > 2,060 dan memiliki kontribusi sebesar (R2) 82,5%, (2) H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti komunikasi interpersonal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru dengan nilai thitung > ttabel sebesar 8,485 > 2,060 dan memiliki kontribusi sebesar (R2) 74,2%, (3) H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti budaya sekolah berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru dengan nilai thitung > ttabel sebesar 3,424 > 2,060 dan memiliki kontribusi sebesar (R2) 31,9%, dan (4) H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti perilaku pemimpin, komunikasi interpersonal dan budaya sekolah secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru dengan nilai fhitung > ftabel sebesar 36,844 > 3,01 dan berkontribusi sebesar (R2) 82,8%.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: MAMBAUL NGADHIMAH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:27
Last Modified: 25 Nov 2022 07:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/22000

Actions (login required)

View Item View Item