Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Tambakberas dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kelas XI IPS MAN 3 Jombang

Alfirdaus, Hadil Matien (2022) Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Tambakberas dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kelas XI IPS MAN 3 Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180020_HADIL MATIEN ALFIRDAUS_TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Alfirdaus, Hadil Matien. 2022. Pengaruh Lingkungan Pondok Pesantren Tambakberas dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kelas XI IPS MAN 3 Jombang. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Prof. Dr. Hj. Siti Maryam Yusuf, M.Ag.
Kata Kunci: Lingkungan Pondok Pesantren, Teman Sebaya, Hasil Belajar
Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar bersama guru. Hasil belajar siswa dapat diukur dan diamati dari pengetahuan dan keterampilan siswa. hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor di antaranya lingkungan pondok pesantren dan teman sebaya, oleh karena itu hasil belajar yang diperoleh siswa berbeda-beda. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh lingkungan pondok pesantren Tambakberas terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN 3 Jombang, menjelaskan pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN 3 Jombang, menjelaskan pengaruh lingkungan pondok pesantren Tambakberas dan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN 3 Jombang.
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui pengaruh lingkungan pondok pesantren tambakberas terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN 3 Jombang, 2). Untuk mengetahui pengaruh teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN 3 Jombang, 3). Untuk mengetahui pengaruh lingkungan pondok pesantren tambakberas dan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN 3 Jombang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode angket (kuesioner). Pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik sampling Non Probability, instrumen pengumpulan data yang digunakan melalui metode angket tertutup yang dirancang sedemikian rupa untuk paara responden. Dilengkapi dengan Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Putri dengan Jumlah sampel 184 siswa. analisis data yang dipakai adalah analisis statistik deskriptif dan agresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan pondok pesantren Tambakberas berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN 3 Jombang, teman sebaya berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN 3 Jombang, lingkungan pondok pesantren Tambakberas dan teman sebaya berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN 3 Jombang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:24
Last Modified: 25 Nov 2022 07:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21997

Actions (login required)

View Item View Item