..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Peran Suami Dalam Keluarga Tenaga Kerja Wanita Perspektif Psikologi Keluarga Islam Di Desa Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo

Rohid, Butsainah (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..Peran Suami Dalam Keluarga Tenaga Kerja Wanita Perspektif Psikologi Keluarga Islam Di Desa Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
101180030-BUTSAINAH ROHID-SKRIPSI FULL.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Rohid, Butsainah, 2022. Peran Suami Dalam Keluarga Tenaga Kerja Wanita Perspektif Psikologi Keluarga Islam Di Desa Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Khairil Umami, M.S.I.
Kata kunci/keywod: Peran Suami, keluarga TKW, Psikologi Keluarga Islam
Melihat fakta yang ada di lapangan kaum ibu menjadi penyelamat perekonomian keluarga. Fakta ini dapat terlihat dalam keluarga-keluarga yang perekonomiannya tergolong rendah, banyak dari kaum ibu yang ikut menjadi pencari nafkah tambahan bagi keluarga. Seperti halnya yang terjadi di Desa Jimbe Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Perempuan (isteri) di Desa Jimbe sedang bekerja di berbagai sektor domestik hingga sektor publik. Misalnya berdagang, menjahit, jualan online, guru, karyawati dan kebanyakan masyarakat di Desa Jimbe menjadi TKW dan sebagainya. Begitu juga suami, seperti ketika istri bekerja menjadi TKW, peran suami mengalami perubahan baik di wilayah domestik maupun wilayah publik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana perubahan peran suami perspektif psikologi keluarga Islam dalam keluarga tenaga kerja wanita di Desa Jimbe Kecamatan Jenangan? Bagaimana upaya suami perspektif psikologi keluarga Islam dalam menjaga keharmonisan keluarga tenaga kerja wanita di Desa Jimbe Kecamatan Jenangan?
Adapun penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) perubahan peran suami perspektif psikologi keluarga Islam dalam keluarga tenaga kerja wanita sendiri yang terjadi adalah suami mengalami perubahan peran dalam melaksanakan tugas rumah tangga dan pencari nafkah. 2) upaya suami dalam menjaga keharmonisan rumah tangga di Desa Jimbe yaitu dengan menjaga keseimbangan diberbagai segi kehidupan, yaitu dengan saling menjaga keseimbangan hak dan kewajiban.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khairil Umami, M.H.I
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:06
Last Modified: 25 Nov 2022 02:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21988

Actions (login required)

View Item View Item