..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ PADA EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS PUTRI MA'ARIF PONOROGO

Rofiqotul Hidayah, Elvi (2022) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ PADA EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS PUTRI MA'ARIF PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Hidayah, Elvi Rofiqotul. 2022. Penggunaan Aplikasi Quizizz pada Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Putri Ma’arif Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Aplikasi Quizizz, Evaluasi, Akidah Akhlak
Salah satu faktor tercapainya pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran dapat dilihat dari tingkat pemahaman penguasaan materi serta hasil belajar peserta didik. Semakin tinggi tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi serta hasil belajarnya, maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan pembelajaran. Namun dalam kenyataannya hasil belajar yang dicapai peserta didik masih rendah. Pembelajaran selama ini belum berhasil dan menyebabkan hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meminimalisir ataupun mengatasi permasalahan yang ada, yaitu dapat dengan memanfaatkan aplikasi Quizizz. Quizizz ini merupakan aplikasi pembelajaran interaktif yang menyajikan materi pembelajaran dalam bentuk recreation yang dapat di download dan dimainkan pada android.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penggunaan aplikasi Quizizz pada evaluasi pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak (2) mengetahui kekurang dan kelebihan penggunaan aplikasi Quizizz pada evaluasi pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian adalah Studi Kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A. Adapun objek penelitian ini adalah penggunaan apliaksi Quizizz pada evaluasi pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarkan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Penggunaan aplikasi Quizizz pada evaluasi pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, sebelum kegiatan pembelajaran diakhiri dengan salam kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Quizizz yang terdiri dari lima tahap yang dilakukan sesuai aturan prosedur dalam penggunaan aplikasi Quizizz. 2) Kekurangan dan kelebihan Penggunaan aplikasi Quizizz pada evaluasi pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Putri Ma’arif Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:05
Last Modified: 25 Nov 2022 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21986

Actions (login required)

View Item View Item