Strategi Scaffolding untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas V MI Ma'arif Polorejo

Nugraha, Dimas Aditya (2022) Strategi Scaffolding untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas V MI Ma'arif Polorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180155_DIMAS ADITYA NUGRAHA_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di sekolah tidak lepas dari berbagai permasalahan belajar. Permasalahan belajar tersebut di antaranya adalah masalah belajar membaca dan menulis yang ditemukan di kelas V MI Ma’arif Polorejo. Guru sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran tetunya memiliki strategi untuk mengatasi permasalahan belajar tersebut. Guru wali kelas V MI Ma’arif Polorejo memilih strategi scaffolding sebagai solusi. Strategi scaffolding adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa. Hal tersebut karena dengan strategi scaffolding guru memberikan bantuan belajar, motivasi, dorongan, dukungan, dan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca dan menulis agar siswa mampu untuk belajar secara mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perencanaan pembelajaran dengan strategi scaffolding untuk menumbuhkan kemampuan membaca dan menulis siswa di kelas V MI Ma’arif Polorejo. (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan strategi scaffolding untuk menumbuhkan kemampuan membaca dan menulis siswa di kelas V MI Ma’arif Polorejo. (3) Mengetahui evaluasi pembelajaran dengan strategi scaffolding untuk menumbuhkan kemampuan membaca dan menulis siswa di kelas V MI Ma’arif Polorejo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, dimana penelitian menggunakan latar belakang alami sebagai sumber data langsung dan peneliti sendiri merupakan instrumen kunci dalam kegiatan penelitian. Penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif Polorejo dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data Miles and Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data reduksi data, penyajian data dan, dan penarika kesimpulan. Kemudian untuk pengecekan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi scaffolding untuk menumbuhkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo dilakukan dengan melakukan analisis materi, mengembangkan indikator dan tujuan pembelajaran, menyusun RPP lengkap dengan skenario pembelajarannya, menyusun lembar kerja siswa, dan menyusun buku. (2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi scaffolding untuk menumbuhkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo dilakukan dengan langkah-langkah; mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan. (3) Evaluasi kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi scaffolding untuk menumbuhkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo dilakukan dengan membuat rubrik penilaian serta memberikan pertanyaan baik secara lisan maupun tulisan untuk mengetahui keberhasilan strategi scaffolding yang telah diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Elfi Yuliani Rochmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2022 02:04
Last Modified: 25 Nov 2022 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21985

Actions (login required)

View Item View Item