..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS PESERTA DIDIK BARU DI MAN 1 NGAWI

Airlangga, Danita (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUANTITAS PESERTA DIDIK BARU DI MAN 1 NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180083_Danita Oktavia Yudha Airlangga_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Airlangga, Danita Oktavia Yudha. 2022. Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik Baru di MAN 1 Ngawi. SKRIPSI. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wahid Hariyanto, M.Pd.I

Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, Pendidikan, Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik
Skripsi ini membahas mengenai manajemen pemasaran pendidikan dalam meningkatkan kuantitas peserta didik baru yang di latar belakangi oleh pemasaran yang dilakukan untuk mengatasi kompetisi antar lembaga pendidikan. Persaingan dalam dunia pendidikan menjadi tidak dapat terelakkan lagi, banyak lembaga pendidikan yang ditinggalkan oleh pelanggannya sehingga dalam beberapa tahun ini banyak terjadi merger dari beberapa lembaga pendidikan. Karena selama ini pendidikan Islam masih dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Kemampuan administrator untuk memahami pemasaran pendidikan menjadi prasyarat dalam mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan lembaganya. Karena, pada proses pemasaran ini sangat berpengaruh terhadap jumlah peserta didik, maka dengan manajemen pemasaran yang baik akan dapat mempengaruhi kuantitas peserta didik
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan mengenai identifikasi pemasaran dalam meningkatkan kuantitas peserta didik baru di MAN 1 Ngawi, (2) Menganalisis mengenai cara komunikasi pemasaran dalam meningkatkan kuantitas peserta didik baru di MAN 1 Ngawi, (3) Mendeskripsikan mengenai hambatan dan solusi pemasaran dalam meningkatkan kuantitas peserta didik baru di MAN 1 Ngawi.
Metode yang digunakan oleh Peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif secara studi kasus. Dalam hal ini Peneliti langsung terjun ke lapangan untuk mengetahui fenomena apa yang terjadi, sesuai rumusan masalah yang sudah disusun. Dalam pengumpulan data, Peneliti melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan data. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan serta triangulasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Identifikasi pemasaran yang dilakukan oleh MAN 1 Ngawi yaitu dengan menentukan sasaran sekolah, dilanjutkan dengan proses segmentasi pasar yang bertujuan untuk mengelompokkan sesuai dengan karakteristik, lalu selanjutnya menyelenggarakan kompetisi bidang studi dengan tujuan untuk mencari perhatian pasar, dengan mengoptimalkan pelayanan sekolah yang maksimal maka dapat memberikan nilai plus bagi madrasah ini, (2) Cara komunikasi yang dilakukan oleh MAN 1 Ngawi salah satunya yaitu komunikasi word of mouth (mulut ke mulut). Cara komunikasi ini yang paling berpengaruh. Namun proses komunikasi di MAN 1 Ngawi tidak hanya melalui model tersebut, tetapi juga dengan menggunakan media sosial untuk menjaring para peserta didik lebih luas lagi, (3) Setiap kegiatan pemasaran pasti mengalami kendala, salah satunya dalam kegiatan pemasaran. MAN 1 Ngawi juga menghadapi beberapa kendala dalam proses pemasaran antara lain jaringan yang kurang mendukung jika ingin mengakses website MAN 1 Ngawi, kesulitan akses dalam proses sosialisasi yang dilaksanakan di sekolah target, jadwal yang bentrok dengan proses pembelajaran, dan lain sebagainya. Dengan adanya hambatan tersebut, MAN 1 Ngawi selalu mencari solusi agar dapat terselesaikan dan juga selalu mengevaluasi mengenai proses berjalannya pemasaran pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:28
Last Modified: 25 Nov 2022 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21965

Actions (login required)

View Item View Item