..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN DAFTAR PUSTAKA, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMK N 1 JENAGAN PONOROGO

Magfiroh, Siti (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN DAFTAR PUSTAKA, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMK N 1 JENAGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SITI MAGFIROH 211217014 MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Magfiroh, Siti. 2022. Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.
Kata kunci: Manajemen Kurikulum, Kualitas Pembelajaran
Pembelajaran yang berkualitas harus terus diupayakan seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan yang canggih dan terus mengglobal yang berdampak pada semua kehidupan manusia di muka bumi. Salah satu yang harus diperhatikan dalam upaya mewujudkan pembelajaran yang berkualitas adalah implementasi manajemen kurikulum. Manajemen kurikulum adalah pengaturan yang dilakukan untuk mencapai keberhasilan kegiatan pembelajaran. Hubungan manajemen kurikulum dengan pembelajaran saling berkaitan. Manajemen kurikulum yang dilaksanakan dengan baik, mendorong guru untuk dapat merealisasikan pembelajaran yang efektif. Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk belajar dengan mudah dan menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. SMK Negeri 1 Jenangan merupakan salah satu sekolah favorit di Ponorogo. Sekolah ini memiliki jumlah siswa yang terus meningkat. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah ini berlangsung menyenangkan dan efektif. Guru diwajibkan menyusun RPP serta mempersiapkan strategi dan media sebelum mengajar. Pendekatan saintifik berbasis karakter dan kompetensi merupakan hal yang ditekankan oleh pihak sekolah. Untuk memastikan seluruh guru melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik, waka kurikulum berupaya mengimplementasikan manajemen kurikulum dengan baik.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan perencanaan kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 1 Jenangan; 2) Menjelaskan pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 1 Jenangan; 3) Menjelaskan evaluasi kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 1 Jenangan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dari sumber primer maupun sekunder. Sumber primer yakni seluruh pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan implementasi manajemen kurikulum. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian di SMK Negeri 1 Jenangan ini adalah: 1) Perencanaan kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dimulai dari pelaksanaan rapat internal yang dilakukan oleh waka kurikulum dan seluruh guru mata pelajaran untuk menentukan atau menyusun silabus sampai dengan RPP ; 2) Pelaksanaan kurikulum sudah relatif lancar dengan guru menjadi kunci kesuksesan pelaksanaan kurikulum. Hal ini didukung pula oleh sumber daya pendidikan lainnya seperti sarana dan prasarana, biaya, organisasi, lingkungan, yang juga merupakan kunci keberhasilan pendidikan; 3) Evaluasi implementasi kurikulum dilakukan dalam satu tahun sekali yaitu di akhir tahun pada saat rapat kenaikan. Diperoleh peningkatan sebesar 70% dinilai dari hasil belajar siswa selama setahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:26
Last Modified: 25 Nov 2022 01:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21964

Actions (login required)

View Item View Item