..(LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI DAN STEMPEL BASAH, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPL;OAD ULANG)..IMPLEMENTASISUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SDMT PONOROGO

FITRIAH, KHUTWATUL (2022) ..(LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI DAN STEMPEL BASAH, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPL;OAD ULANG)..IMPLEMENTASISUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SDMT PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
211216063_KHUTWATUL FITRIAH_MPI.docx

Download (333kB)

Abstract

Fitriah, Khutwatul. 2022. Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDMT Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.

Kata Kunci: Supervisi, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Sekolah merupakan lembaga pendidikan di mana di dalamnya terdapat tenaga pendidik dan peserta didik yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan. Dalam sebuah lembaga pendidikan terdapat seorang pemimpin yakni kepala sekolah yang memiliki tugas untuk memimpin lembaga tersebut. Seorang kepala sekolah harus mampu membawa sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah yang unggul dan mampu mencetak lulusan yang berprestasi yang dapat bersaing di ranah regional mamupun internasional. Sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah memiliki tugas sebagai seorang supervisor yang memiliki tanggung jawab melakukan supervisi kepada bawahannya yang masih ada masalah dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Merespon hal tersebut, maka kepala sekolah SDMT melakukan supervisi yang diadakan secara mendadak maupun terjadwal untuk mengetahui apakah program yang diberikan oleh kepala sekolah terhadap guru di SDMT masih ada kesalahan atau tidak.
Berdasar uraian di atas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana implementasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDMT Ponorogo. 2) Bagaimana hasil implementasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDMT. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDMT Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Implementasi supervisi kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru, SDMT Ponorogo dalam melaksanakan supervisi kepala sekolah menggunakan metode individu dan metode kelompok, individu dilakukan dengan kepala sekolah memanggil guru untuk diberikan bimbingan sedangkan kelompok dilakukan secara bersama-sama. 2) Hasil implementasi supervisi, kepala sekolah bersama guru-guru terjun langsung ke Lapangan untuk mencari metode-metode yang paling efektif, paling kreatif, dan yang bisa diterapkan dalam konteks sekolah. 3) Faktor pendukung dan penghambat supervisi kepala sekolah yaitu personal yang sangat dinamis dan proaktif terhadap pelaksanaan supervisi sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:23
Last Modified: 25 Nov 2022 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21960

Actions (login required)

View Item View Item