Efektivitas Akad Jual Beli Murabahah Pada Pembiayaan Murabahah KSPPS Usaha Wanita Sukses Desa Pulosari Kecamatan Jamnbon Kabupaten Ponorogo

Widiyawati, Nuke (2022) Efektivitas Akad Jual Beli Murabahah Pada Pembiayaan Murabahah KSPPS Usaha Wanita Sukses Desa Pulosari Kecamatan Jamnbon Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210217105_Nuke Widiyawati_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Widiyawati, Nuke, 2022. Efektivitas Akad Jual Beli Murabahah pada Pembiayaan Murabahah di KSPPS Usaha Wanita Sukses Desa Pulosari Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing M. Ilham Tanzilulloh, M.H.I..
Kata kunci/Keyword : Efektivitas, Murabahah, Pembiayaan
Penerapan prinsip syariah menjadi pembeda antara lembaga keuangan syariah dengan lembaga keuangan konvensional. Berdasarkan Statistik Pembiayaan Mikro, sejak tahun 2016 hingga 2020 porsi Pembiayaan yang Diberikan (PYD) oleh Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Syariah didominasi oleh piutang murabahah. Di Indonesia pelaksanaan akad pembiayaan dengan akad jual beli Murabahah tertuang pada fatwa DSN-MUI tentang Akad Jual Beli Murabahah. Fatwa DSN-MUI memiliki kekuatan mengikat bagi pelaku usaha syariah. Dalam fatwa tersebut menjelaskan ketentuan-ketentuan mengenai. ketentuan-ketentuan tersebut serta faktor lain yang mempengaruhi efektivitas akad jual beli Murabahah pada pembiayaan yang dijalankan oleh KSPPS Usaha Wanita Sukses.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana implementasi akad jual beli murabahah pada pembiayaan murabahah KSPPS Usaha Wanita Sukses perspektif efektivitas hukum ? (2) Bagaimana hambatan implementasi akad jual beli murabahah pada pembiayaan murabahah KSPPS Usaha Wanita Sukses perspektif efektifitas hukum ?.
Adapun jenis penelitian yang dilakuakn penulis merupakan penelitian lapangan (field Research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yakni menggunakan metode induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa efektivitas implementasi akad jual beli murabahah pada pembiayaan murabahah di KSPPS Usaha Wanita Sukses masih kurang efektif menurut efektivitas hukum. Menurut substansi hukum, terdapat satu ketentuan fatwa DSN No. 111 tahun 2017 tentang akad jual beli murabahah yang tidak terpenuhi. Terdapat faktor penghambat yang mempengaruhi yakni kemampuan pengurus KSPPS, tidak adanya kerja sama antara penegak hukum, para pihak belum memiliki kesadaran hukum, para anggota kurang memiliki pengetahuan, dan fasilitas atau sarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:19
Last Modified: 25 Nov 2022 01:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21957

Actions (login required)

View Item View Item