PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA PADA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII Z MTs DARUL HUDA MAYAK PONOROGO

Choir, Rohmatul (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA PADA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII Z MTs DARUL HUDA MAYAK PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180031 ROHMATUL CHOIR TADRIS IPS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini bermula dari siswi yang rendah kemampuan berpikir kritisnya dalam proses pembelajaran terlebih pada pelajaran IPS. Pada dasarnya dalam proses pembelajaran baik pengajar ataupun pelajar sama-sama harus siap menyesuaikan kurikulum dan sistem pembelajaran mengikuti kemajuan dan perkembangan zaman.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan critical thinking siswi melalui dua indikator critical thinking dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving. Dua indikator critical thinking tersebut yakni kemampuan bertanya dan menjawab serta kemampuan evaluasi siswi pada pembelajaran IPS terpadu di kelas 8 Z MTS Darul Huda.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas atau PTK dengan desain dari perumus Kurt Lewin. Yang menyatakan bahwa dalam penelitian tindakan kelas terdapat 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
Hasil yang didapat dalam penerapan metode pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan critical thinking siswa di kelas 8z MTS Darul Huda ini dinyatakan berhasil berdasarkan tes setelah pelaksanaan tindakan. Yakni yang sebelum tindakan dinyatakan sangat rendah dengan persentase 50%. Meningkat 60% di siklus pertama dan 73% di siklus kedua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:11
Last Modified: 25 Nov 2022 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21952

Actions (login required)

View Item View Item