Penilain Kognitif Melalui Tes Lisan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-PB) Kelas IX di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo

Nuroni, M. (2022) Penilain Kognitif Melalui Tes Lisan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-PB) Kelas IX di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180359_M. NURONI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) fix - Copy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di SMP Islam Thoriqul Huda pada sistem evaluasinya masih belum sempurna dan belum mencapai suatu target yang di inginkan, setiap tenaga pendidiknya saya rasa perlu untuk lebih memperhatikan lagi terhadap evaluasi dalam proses pembelajaran, hal tersebut di sebabkan karena adanya hal yang berkaitan dengan peserta didik. Peserta didik masih belum menguasai materi ketika ujian dilakukan terutama pada ujian tes lisan, sehingga peserta didik berfikir secara fasif tidak berkembang. Hal tersebut dikarenakan para peserta didik masih melakuan menyontek ketika ujian tulis dilakukan. Dengan adanya permasalahan seperti diatas maka perlunya guru SMP Islam Thoriqul Huda melakukan pembenahan kembali mengenai dengan penilaian dan evaluasi pembelajarannya. Adapun tujuanya dilakukan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaiman penilaian kognitif melalui tes lisan pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekertikelas IX di SMP Thoriqul Huda Cekok Babadan, (2) untuk mengetahui bagaiman proses pengembangan penilaian kognitif melalui tes lisan pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas IX di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan. Peneliti dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian pendekatan kualitatif.
Jenis metodologi yang diambil dalam penelitian ini adalah dengan mengambil studi kasus. Dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus ini maka peneliti dapat melakukan penelitian secara langsung, dengan cara menenliti semua kejadian dan persitiwa yang ada tentang kegiatan yang benar-benar ada dan dilakukan di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok yang berkaitan dengan Pengembangan Penilaian Aspek Kognitif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas IX di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa bentuk kegiatan dalamPenilaian Kognitif Melalui Tes Lisan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI-BP) Kelas IX di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok dilakukan dengan model penilaian berorientasi pada tujuan. (1) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SMP Islam Thoriqul Huda Kelas IX dalam aspek kognitif biasanya dilakukan dengan tes tulis dan tes lisan. Sementara penilaian observasi dan ujian praktek digunakan untuk penilaian psikomotorik dan afekti (2) Proses pengembanganpenilaian kognitif dalam bentuk teslisan pada mata pelajaraan PAI kelas IX di SMP Islam Thoriqul Hudadikembangkan dengan berbagai langkah.Pertama menyusun kisi-kisi, kedua menentukan tujuan penilaian, ketiga menulis soal tes, keempat menelaah soal tes kelima melakukanuji coba tes keenammemperbaiki tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 08:15
Last Modified: 24 Nov 2022 08:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21947

Actions (login required)

View Item View Item