..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI DAN GUNAKAN TD ASLI BUKAN SCAN, PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN GUNAKAN TTD SASLI DI ATAS MATERAI, UPLOAD ULANG)..Penggunaan Metode Takrir di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kasihan 1 Tegalombo Pacitan

Ummah, Kholilatul (2022) ..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI DAN GUNAKAN TD ASLI BUKAN SCAN, PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN GUNAKAN TTD SASLI DI ATAS MATERAI, UPLOAD ULANG)..Penggunaan Metode Takrir di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kasihan 1 Tegalombo Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617204 KHOLILATUL UMMAH (PGMI) .pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ummah, Kholilatul. 2022. Penggunaan Metode Takrir Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Kasihan I Tegalomgo Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Pembimbing Weni Tria Anugrah Putri M.Pd.

Kata Kunci: Metode Takrir Ekstrakulikuler Tahfidz

Dalam dunia proses belajar mengajar, metode jauh lebih penting dari materi. Begitupun dalam menghafal al-Qur’an metode yang baik akan berpengaruh kuat terhadap proses fidzhul Qur’an sehingga tercipta keberhasilan dalam menghafal al-Qur’an. Seperti di MIM Kasihan I yang menerapkan salah satu metode menghafal yaitu metode takrir. Metode Takrir sangat penting dalam menghafal Al-Qur’an. Karena tanpa proses Takrir (mengulang ulang bacaan) mustahil dapat langsung menghafal Al-Qur’an. Oleh karena, itu semakin sering mentakrir bacaaan akan semakin mudah menghafalnya.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan pelaksanaan penggunaan metode takrir di MIM Kasihan I Tegalombo Pacitan. 2) mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode takrir di MIM Kasihan I Tegalombo Pacitan. 3) mendeskripsikan dampak penggunaan metode takrir di MIM Kasihan I Tegalombo Pacitan
Jenis penelitian ini adalah penelitian study kasus (kualitatif). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang digunakan sebagai pengumpulan data. Sedangkan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) potret penggunaan metode takrir dalam ekstrakulikuler tahfidz di MIM Kasihan I Pacitan dapat membantu peserta didik untuk mencapai target hafalan yang telah di tentukan selain itu dengan adanya metode takrir dalam ekstrakuliler tahfidz di MIM Kasihan I peserta didik mempunyai perkembangan yang baik dan lebih semangat ketika hafalan; (2) faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode takrir di MIM Kasihan I Tegalombo Pacitan adanya motivasi dalam diri peserta didik yang dapat membuat anak semangat dalam menakrir dan menambah hafalan, dan penghambat motode takrir adalah kemalasan dalam diri peserta didik menjadikan enggan ketika hafalan, kurangnya motivasi dalam diri peserta didik akan menjadikan minat menghafal kurang dan peserta didik ada yang beralasan sakit ataupun memang sakit yang menjadikan peserta didik tidak mengikuti kegiatan; (3) dampak penggunaan metode takrir di MIM Kasihan Tegalombo Pacitan, dari anak yang terbiasa menghafal menjadikan keterbiasaan mereka menghafal dan lebih mudah menghafal dipelajaran di pelajaran lainnya, contohnya seperti menghafal kosa kata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:38
Last Modified: 24 Nov 2022 07:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21942

Actions (login required)

View Item View Item