NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-’ALAQ AYAT 1-5 MENURUT TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENDIDIK

Rofiah, Khi'matur (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-’ALAQ AYAT 1-5 MENURUT TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN KOMPETENSI PENDIDIK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180119 KHI'MATUR ROFIAH PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata kunci : Nilai-Nilai Pendidikan Islam, M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah, Pengembangan
Kepribadian Pendidik.
Fenomena dalam dunia pendidikan pada kemampuan dan keterampilan guru saat ini yang kian
memperhatinkan. Karena guru merupakan peran sentral dalam upaya mewujudkan tujuan pendidikan
nasional. Akibatnya proses belajar mengajar terhambat dikarenakan kurangnya kreativitas guru pada
peserta didik, peserta didikpun terkendala dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Salain
itu, dapat menghambat meningkatkan mutu dan moral pendidikan bangsa. Berbagai kasus dalam dunia
pendidikan disebabkan karena kurangnya guru yang berkompeten, baik dari pedagogik, professional,
sosial, maupun kepribadian. Sering sekali kita jumpai pada berbagai media sosial ataupun media
lainnya. Hal ini sangat memperhatinkan dan cukup mencemaskan dalam dunia pendidikan.Oleh karena
itu, seorang harus memiliki kemampuan-kemampuan dalam mengajar, sehingga terciptanya
keberhasilan pada proses pendidikan. Telebih secara jelas dalam al-Qur‟an surat al-„Alaq ayat 1-5 yang
menelaah tentang penerimaan wahyu yang pertama dan keteladanan Nabi Muhammad dalam
menyampaikan risalah.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep nilai-nilai pendidikan Islam
menurt M. Quraish Shihab, dan untuk menjelaskan relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam Al�Qur‟an surat Al-‟Alaq ayat 1-5 menurut tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab dengan
pengembangan kompetensi pendidik.
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan
(library research) yaitu telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suat u masalah yang pada
dasarnya bertumpu pada penelaah kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan.
Dalam metode pembahasannya menggunakan metode dokumentasi yaitu teknik mengumpulkan data
dan informasi dengan bantuan berbagai macam materi yang terdapat dalam kepustakaan. Data yang
digunakan berupa data sumber primer tafsir al-Misbah karya M, Quraish Shihab dan kompetensi guru
pendidikan Agama Islam karya Akmal Hawi, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru karya E.
Mulyasa.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan dalam surah Al-‟Alaq ayat 1-5
menurut tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab yakni Nilai gemar membaca, b. Nilai gemar
menulis, Nilai ketauhidan, Nilai keilmuan, Nilai ibadah, akhlak, dan ketaqwaan. Nilai-nilai tersebut
dapat memberikan langkah dalam mengembangkan kepribadian pendidik sehingga dapat menjadi sosok
yang dihormati, yang bisa digugu dan ditiru. Relevansi nilai-nilai pendidikan dalam surah Al-‟Alaq
ayat 1-5 menurut tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab dengan pengembangan kompetensi
pendidik adalah nilai gemar membaca, gemar menulis berkaitan dengan kompetensi pedagogik.
Sedangkan nilai ketauhidan, nilai ibadah dan nilai ketaqwaan berkaitan dengan kompetensi
kepribadian. Adapun nilai keilmuan berkaitan dengan kompetensi profesional. Kemudian nilai akhlak
berkaitan dengan kompetensi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 07:10
Last Modified: 24 Nov 2022 07:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21941

Actions (login required)

View Item View Item