Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Peningkatan Penerimaan Peserta Didik Baru di MTsN 4 Madiun

Kholifah, Hanifatul (2022) Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Peningkatan Penerimaan Peserta Didik Baru di MTsN 4 Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HANIFATUL KHOLIFAH_206180021_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persaingan dalam dunia pendidikan menjadi tidak dapat terelakan lagi, banyak lembaga pendidikan yang ditinggalkan oleh pelanggannya, sehingga banyak terjadi penggabungan dari beberapa lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan yang dimaksud adalah sebuah madrasah. Agar bisa mempertahankan eksistensinya madrasah dituntut untuk dapat memasarkan sekolahannya, karena betapapun bagusnya suatu sekolah jika tidak dipromosikan secara maksimal akan berdampak pada minimnya jumlah siswa dan tidak dikenalnya sekolah tersebut di kalangan masyarakat. Pemasaran menjadi sesuatu yang mutlak yang harus dilaksanakan oleh sekolah, selain ditujukan untuk memperkenalkan, pemasaran di lembaga pendidikan berfungsi untuk membentuk citra baik terhadap lembaga dan menarik minat sejumlah calon siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan pemasaran pendidikan dalam peningkatan penerimaan peserta didik baru di MTsN 4 Madiun, (2) Memaparkan dan menganalisis implementasi pemasaran pendidikan dalam peningkatan penerimaan peserta didik baru di MTsN 4 Madiun, (3) Menjelaskan dan menganalisis evaluasi pemasaran pendidikan dalam peningkatan penerimaan peserta didik baru di MTsN 4 Madiun.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan yaitu data reduction, data display, conclusion drawing.
Hasil analisa dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan yang dibuat yaitu: Pembentukan tim PPDB yang terdiri dari wali kelas dan pimpinan madrasah seperti waka kesiswaan, waka kurikulum, waka humas, dan waka sarpras, menentukan perangkat pemasaran mulai dari waktu, tempat, dan target strategi pemasaran yang akan dilakukan, menentukan alat atau media promosi dalam kegiatan strategi pemasaran yang akan dilakukan, dan menentukan biaya SPP per bulan yang terjangkau agar semua kalangan bisa masuk ke madrasah tersebut, (2) Implementasi strategi pemasaran yang dilakukan yaitu: Panitia atau tim PDDB saling berkoordinasi dan melakukan tugas sesuai tupoksinya dari SK PPDB, melaksanakan pemasaran sebelum pergantian semester pada bulan April, yang ditempatkan di empat sudut arah yakni arah utara hanya kawasan Sangen, arah selatan sampai desa Dolopo kecamatan Dolopo, arah timur sampai desa Dungus, arah barat sampai Nglandung kecamatan Geger. Kemudian target yang dituju yakni anak yang mulai berusia 12 tahun, penyebaran alat atau media promosi di madrasah ini dilakukan melalui brosur, banner, wali murid, media online seperti facebook, instagram, dan story whatsapp, untuk biaya SPP untuk perbulan ditetapkan dengan nominal yang tengah-tengah agar semua kalangan bisa masuk dan tidak ada yang keberatan., (3) Evaluasi sebelum melakukan pemasaran pendidikan MTsN 4 Madiun memiliki cara yakni: a) Tim PPDB melakukan koordinasi terlebih dahulu kepada lembaga yang bersangkutan; dan b) Sosialisai brosur dan mampu melakukan perbaikan terhadap program-program yang sudah dijalankan. Hasil dari evaluasi tersebut seluruh rangkaian dari perencanaan sampai dengan implementasi, madrasah ini sudah melaksanakan semua dan kegiatan dengan baik. Madrasah ini mengalami peningkatan jumlah peserta didik setiap tahunnya dengan adanya program-program yang ditepkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 05:03
Last Modified: 24 Nov 2022 05:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21921

Actions (login required)

View Item View Item