Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Peralatan Pernikahan di AR Sound System Desa Sukosari Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo

Prasetianti, Arifia Wahyu (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Peralatan Pernikahan di AR Sound System Desa Sukosari Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210216043_Arifia Wahyu Prasetianti_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (768kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Prasetianti, Arifia Wahyu, 2022. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Peralatan Pernikahan di AR Sound System Desa Sukosari Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Pembimbing M.Ilham Tanzilullah,M.H.I.
Kata kunci : Hukum Islam, Sewa Menyewa
Salah satu bentuk muamalah yang akan dibahas adalah sewa menyewa. Sewa menyewa telah ditentukan aturan-aturan hukumnya seperti rukun, syarat, maupun bentuk sewa yang diperbolehkan dan yang tidak diperbolehkan. Dalam prakteknya harus dikerjakan secara konsekuen dan memberikan manfaat kedua belah pihak dengan ketentuan-ketentuan yang harus disepakati oleh kedua belah pihak yang melakukan akad. Seperti halnya sewa menyewa di AR Sound System yang mneenyewakan segala kebutuhan untuk menunjang keberlangsungan sebuah acara pernikahan. Dalam praktiknya penyewa mendatangi langsung maupun tidak langsung kepada pemilik untuk menyepakati tentang apa, banyak dan waktu yang dibutuhkan penyewa. Tetapi, pada praktiknya pemilik tidak menjelaskan secara detail dan jelas tentang pembayaran yang harus dibayar sebagai kewajiban penyewa dan tidak adanya kesepakatan terkait pembayaran ganti rugi yang mungkin terjadi selama sewa menyewa berlangsung.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1)Bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang akad pembayaran sewa menyewa alat-alat resepsi pernikahan di AR Sound System Desa Sukosari Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo? (2)Bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang ganti rugi sewa menyewa alat-alat resepsi pernikahan pernikahan di AR Sound System Desa Sukosari Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo?
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitis yaitu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan apa-apa yang berlangsung saat ini dengan menggunakan pendekatan kualtitatif, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara.Analisis yang digunakan menggunakan metode deduktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Akad sewa menyewa yang ada di AR Sound System tidak sah sesuai dengan Hukum Islam. Karena, suatu akad menjadi tidak sah jika salah satu rukun dan syarat dari akad tersebut tidak terpenuhi. Dalam masalah ini tidak terpenuhinya ketentuan syarat dari rukun yaitu upah yang menjadikan akad ija>rah tidak sah. Karena tidak adanya kejelasan harga dan waktu pembayaran yang tentukan oleh pemilik sewa. (2) Ganti rugi di Sound System tidak sah menurut ketentuan hukum Islam dalam teori ta'wid} dan pendapat dari dari Syekh Wahbah al-Zuhaily yaitu ganti rugi bisa diterapkan kerena faktor kesalahan dan kesengajaan. Yang pada praktiknya mengharuskan mengganti atas rusak ataupun hilangnya objek sewa tanpa mengetahui sebab kerusakan, karena setiap penyewa berbeda penyebab kerusakannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M.Ilham Tanzilullah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:22
Last Modified: 24 Nov 2022 04:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21914

Actions (login required)

View Item View Item