..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pembelajaran Salat Dengan Menggunakan Kitab Pasolatan Komplit Karangan Muhammad Abda'i Rutomi Di Pondok Pesantren KH. Syamsuddin Durisawo Ponorogo Tahun 2022

Lestari, Sri (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pembelajaran Salat Dengan Menggunakan Kitab Pasolatan Komplit Karangan Muhammad Abda'i Rutomi Di Pondok Pesantren KH. Syamsuddin Durisawo Ponorogo Tahun 2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180216_SRI LESTARI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran salat, Kitab Pasolatan, Pondok Pesantren.
Pembelajaran salat dengan menggunakan kitab pasoltan merupakan proses kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk membekali peserta didik terkait materi sholat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penyampaian materi tersebut pemilihan metode pembelajaran yang tepat oleh seorang guru dapat mendorong tercapainya tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh seorang pendidik.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran salat dengan menggunakan kitab pasolatan di pondok pesantren KH. Syamsuddin Durisawo Ponorogo tahun 2022. 2) Untuk mendeskripsikan problem yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran salat dengan menggunakan kitab pasolatan di pondok pesantren KH. Syamsuddin Durisawo Ponorogo tahun 2022 dan solusinya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelittian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Selanjutnya analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model Milles dan Hubberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran salat dengan menggunakan kitab pasolatan di Pondok Pesantren KH. Syamsuddin meskipun tidak ada RPP yang tertulis, kegiatan pembelaaran berjalan sebagaimana pembelajaran pada umumnya yakni melalui tiga tahapan yakni: (a) Tahapan Perencanaan, meliputi rancangan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan setahun kedepan. (b) Tahapan Pelaksanaan, meliputi guru menerapkan metode sorogan dan metode ceramah serta memanfaatkan media pembelajaran berupa papan tulis sebagai pendukung dalam penyampaian materi yang diajarkan. (c) Tahapan Evaluasi, meliputi evaluasi pembelajaran melalui tes tulis dan tes lisan setiap akhir semester serta ulangan harian dari guru mapel. (2) Problem yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran salat dengan menggunakan kitab pasolatan di Pondok Pesantren KH. Syamsuddin ada dua. (a) banyak diantara santri yang masih kesulitan memahami bahasa kitab pasolatan yang menggunakan bahasa Jawa pegon, solusinya guru mendampingi serta mengajak seluruh santri menerjamahkan secara bersama-sama materi yang sudah dibaca kedalam bahasa Indonesia, bila ada yang masih belum paham bisa ditanyakan. (b) terkait kurangnya waktu penyampaian penjelasan materi oleh guru, solusinya jika pada hari itu bab yang akan dibacakan banyak maka dibacakan setengah saja atau lebih sedikit lagi, dengan begitu setelah semua selesai sorogan masih tersisa waktu yang lumayan banyak sehingga guru dapat menyampaikan penjelasan terkait materi yang dibaca. Atau bisa juga membagi kedalam dua pertemuan, pertemuan pertamauntuk sorogan dan pertemuaan kedua fokus untuk menjelaskan materi yang dibacakan pada pertemuan yang lalu. Begitu dan seterusnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 04:20
Last Modified: 24 Nov 2022 04:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21912

Actions (login required)

View Item View Item