Peran Media Pembelajaran Film Kartun Nussa dan Rara Dalam Menanamkan Pengetahuan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Anak Prsekolah di Desa Goranggareng

Romadhon, Vikie putra (2022) Peran Media Pembelajaran Film Kartun Nussa dan Rara Dalam Menanamkan Pengetahuan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Anak Prsekolah di Desa Goranggareng. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180460_Vikie Putra Romadhon_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Romadhon, Vikie Putra. 2022.Peran Media Film Kartun Nussa dan Rara dalam Menanamkan Pengetahuan Agama dan Budi Pekerti pada Anak Prasekolah di Desa Goranggareng. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M.A.
Kata kunci: Film Kartun Nussa dan Rara, Pengetahuan Agama Islam,Budi Pekerti, Anak Prasekolah
Penelitian ini dilatarbelakangi karena desa Goranggareng adalah salah satu desa yang memiliki jumlah anak terbilang cukup banyak. Di samping banyaknya angka kelahiran di Desa Goranggareng banyak anak yang kurang dalam budi pekertinya dan pengetahuan mengenai keagamaan, peneliti banyak menemukan anak-anak yang berbicara yang kotor dan kurang moral budi pekertinya. Karena pentingnya pengetahuan agama dan budi pekerti pada anak. Perlu ditananamkan pengetahuan agama dan budi pekerti pada anak. Hal tersebut bertujuan untuk menginternalisasi pendidikan agama yang ada di dalam sebuah ajaran agama Islam. Sehingga anak dapat mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pengetahuan agama yang terdapat pada Film Kartun Nussa dan Rara (2) mendeskripsikan nilai-nilai budi pekerti yang terdapat pada film kartun Nussa dan Rara (3) mendeskripsikan peran film kartun Nussa dan Rara dalam menanamkan pengetahuan agama dan budi pekerti pada anak prasekolah di Desa Goranggareng.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu hasil wawancara yang telah dilakukan, dengan menggunakan data dokumen, arsip, dan penelitian terdahulu. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi untuk melengkapi data yang diambil oleh peneliti. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik sebuah kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai-nilai pengetahuan agama yang terdapat pada film kartun Nussa dan Rara yaitu nilai keimanan, nilai ibadah meliputi sholat, zakat, dan puasa, dan nilai sosial kemasyarakatan (2) nilai-nilai budi pekerti yang terdapat pada film kartun Nussa dan Rara yaitu sabar, amanah, dan pemaaf (3) peran film kartun Nussa dan Rara dalam menanamkan pengetahuan agama dan budi pekerti pada anak prasekolah di Desa Goranggareng sangat berperan dalam hal tersebut, penggunaan media film kartun Nussa dan Rara memiliki kontribusi yang baik dan efektif untuk menanamkan pengetahuan dan budi pekerti pada anak prasekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:44
Last Modified: 24 Nov 2022 03:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21910

Actions (login required)

View Item View Item