Penerapan Metode Wahdah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur'an Santri Pondok Pesantren Nurul Djazuli Dolopo Madiun

Abidin, Arbi (2022) Penerapan Metode Wahdah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur'an Santri Pondok Pesantren Nurul Djazuli Dolopo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180279 ARBI DWI NUR AHSAN ABIDIN SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abidin, Arbi. 2022. Penerapan Metode Wahdah Dalam Meningkatkang Kualitas Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Nurul Djazuli Dolopo Madiun.
Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Agus Tricahyo,M.A
Katakunci:MetodeWahdah,Menghafal Al-Qur’an
Metode wahdah yang digunakan di Madrasah Pondok Pesantren Nurul Djazuli sebagai cara pengajaran yang dianggap mampu untuk membantu santri dalam menghafal Al-Qur’an.Biasanya santri dengan bergantian menyetorkan hafalan yang telah diberikan oleh ustadz sebagai pembimbing mereka.Model pembelajaran dengan metode ini dapat memberikan kemudahan kepada santri untuk memahami materi pelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode wahdah dalam meningkatkan kualitas menghafal santri pondok pesantren Nurul Djazuli Dolopo Madiun, 2) Mendeskripsikan problem yang dihadapi guru dalam penerapan metode wahdah di pondok pesantren Nurul Djazuli Dolopo Madiun, 3) Mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi masalah dengan menggunakan metode wahdah di pondok pesantren Nurul Djazuli Dolopo Madiun.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang memberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.Metode pengumpulan data menggunkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Sedangkan analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.1.Langkah-langkah menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode wahdah adalah: (a) melancarkan dan memperbaiki bacaan agar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, (b) penggunaan Alquran pojok, (c) menghafal dengan satu-persatu ayat, (d) membuat target hafalan perhari, (e) mendengarkan hafalanya ke orang lain sebelum menyetorkan hafalannya 2. Problem yang dihadapi guru berasal dari faktor internal yang dimiliki santri. (a) Kurangnya motivasi yang menyebabkan santri tidak semangat dalam menghafal Al-Qur’an. (b) santri masih belum disiplin dalam penggunaan waktu yang mereka miliki. (c) Kecanduan game online, sangat berpengaruh terhadap kualitas menghafal Al-Qur’an. 3. Upaya guru dalam mengatasi masalah menghafal Al-Qur’an adalah (a) memberikan motivasi kepada santri, (b) Pemberian tugas dan hukuman sebagai bentuk upaya menumbuhkan rasa tanggung jawab (c) Membimbing santri untuk terus melakukan muraja’ah, (d) menggunakan metode yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:47
Last Modified: 24 Nov 2022 03:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21909

Actions (login required)

View Item View Item