Komparasi Minat Belajar Menggunakan Metode Demonstrasi dan Diskusi Pada Pembelajaran Fikih Siswa Kelas X MAN 1 Kota Madiun

Purnama, Aria Fajar (2022) Komparasi Minat Belajar Menggunakan Metode Demonstrasi dan Diskusi Pada Pembelajaran Fikih Siswa Kelas X MAN 1 Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317176_ARIA FAJAR PURNAMA _Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Purnama, Aria Fajar. 2022. Komparasi Minat Belajar Menggunakan Metode Demonstrasi dan Diskusi Pada Pembelajaran Fikih Siswa Kelas X MAN 1 Kota Madiun.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Ayunda Riska Puspita, M. A.

Kata Kunci: Minat Belajar,Demonstrasi, Diskusi
Strategi belajar mengajar bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar harus tepat dan efektif agar dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya. Hasil observasi menunjukkan metode pembelajaran yang diterapkan di MAN 1 Kota Madiun pada mata pelajaran Fiqih selama ini hanya menerapkan metode ceramah. Metode tersebut tidak kuno bahkan menjadi metode utama yang harus digunakan saat pembelajaran. Metode ceramah hanya perlu digabungkan dengan metode pembelajaran lainnya sehingga proses pembelajaran lebih menarik minat belajar siswa, misalnya dengan metode demonstrasi dan metode diskusi.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui minat belajar Fikih siswa kelas X MAN 1 Kota Madiun menggunakan metode demonstrasi, (2) Mengetahui minat belajar Fikih siswa kelas X MAN 1 Kota Madiun menggunakan metode diskusi, (3) Mengetahui adakah ada perbedaan minat belajar Fikih siswa kelas X di MAN 1 Kota Madiun antara metode demonstrasi dan metode diskusi
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian menggunakan eksperimen. Dalam penelitian eksperimen mengungkap hubungan antara dua variabel atau lebih dan mencari pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 107 siswa, instrumen pengumpulan data menggunakan angket.
Berdasarkan analis data ditemukan bahwa: (1) Minat belajar dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fikih kelas X MIA II di MAN 1 Kota Madiun dalam kategori cukup efektif dengan persentase 74,1%.Sehinga Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Minat belajar dengan menggunakan metode diskusi pada mata pelajaran Fikih kelas X MIA I di MAN 1 Kota Madiun dalam kategori cukup efektif dengan persentase 74,1%. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Ada perbedaan minat belajar Fikih siswa kelas X MAN 1 Kota Madiun antara metode demonstrasi dan metode diskusi hasil perhitungan uji independent t-test di aplikasi SPSS versi 25.0, diperoleh nilai t hitung sebesar – 2,204, dan nilai sig. (2 –tailed) 0,032. Sehingga (0,032) < α (0,05). Kelas yang diajar menggunakan metode demonstrasi mendapat jumlah rata-rata skor angket 43,81 sedangkan kelas yang diajar menggunakan metode diskusi memiliki jumlah rata-rata skor angket 46,07. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:45
Last Modified: 24 Nov 2022 03:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21905

Actions (login required)

View Item View Item