(FILE KOSONG, SILAHKAN UPLOAD ULANG) UPAYA UNIT KEGIATAN KEISLAMAN ULIN NUHA DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT MAHASISWA IAIN PONOROGO

ISTIQOMAH, ISTIQOMAH (2022) (FILE KOSONG, SILAHKAN UPLOAD ULANG) UPAYA UNIT KEGIATAN KEISLAMAN ULIN NUHA DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT MAHASISWA IAIN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Istiqomah, 2022. Upaya Unit Kegiatan Keislaman Ulin Nuha Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Mahasiswa IAIN Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A
Kata Kunci :UKM, Mengembangkan, Bakat dan Minat
Semua manusia pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, baik kelebihan melalui potensi, bakat dan minat yang terdapat dalam diri seseorang. Banyak orang yang mengabaikan bakatnya dikarenakan tidak ada pelatih dan tempat latihan untuk mengembangkan bakat dan minatnya. Hal tersebut jika dibiarkan terus-menerus akan menjadikan bakat dan minat seseorang tidak bisa berkembang. Oleh karena itu diperlukan adanya wadah untuk bisa mengembangkan bakat dan minat mahasiswa IAIN Ponorogo dalam rangka untuk mencapai visi dan misi IAIN Ponorogo. Unit Kegiatan Keislaman Ulin Nuha adalah salah satu UKM yang ada di IAIN Ponorogo yang mewadahi nilai-nilai keislaman dan kesenian religius sebagai wadah dalam mengembangkan minat serta bakat mahasiswa IAIN Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan (1) Mendiskripsikan upaya dari Unit Kegiatan Keislaman Ulin Nuha dalam mengembangkan bakat dan minat mahasiswa IAIN Ponorogo, (2) Menjelaskan bentuk-bentuk dari kegiatan Unit Kegiatan Keislaman Ulin Nuha dalam mengembangkan bakat dan minat mahasiswa IAIN Ponorogo, (3) Menguraikan dampak kegiatan Unit Kegiatan Keislaman Ulin Nuha terhadap pengembangan bakat dan minat mahasiswa IAIN Ponorogo.
Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis studi kasus, untuk pengumpulan datanya menggunakan teknik penelitian berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik interaktif seperti yang dikemukakan oleh Milles, Hubermen dan Saldana. Langkah-langkahnya pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini berupa (1) Upaya dari Unit Kegiatan Keislaman Ulin Nuha untuk memaksimalkan pengembangkan bakat dan minat ini melalui berbagai upaya yaitu latihan berkala, pembinaan anggota, pendampingan senior kepada yunior (anggota baru), memberi motivasi, dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan. (2) Bentuk-benntuk kegiatan Unit Kegiatan Keislaman Ulin Nuha yang dapat mengembangkan bakat dan minat diantaranya yaitu hadroh, olah vocal, qiroah, kaligrafi, public speaking, tari sufi, dan musabaqoh syarhil quran.(3) Dampak yang dirasakan oleh anggota UKI Ulin Nuha setelah mengikuti kegiatan yaitu tersalurnya bakat, bertambahnya wawasan, serta mahasiswa menjadi percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki bahkan ilmu yang didapatkan bisa dimanfaatkan dengan baik serta kemampuanya dapat dihargai oleh lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:38
Last Modified: 24 Nov 2022 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21894

Actions (login required)

View Item View Item