Pemanfaatan Media Youtube Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Membangun Minat Belajar Siswa Kelas 1 Di Mi Ma’arif Ngrupit

Hestianingsih, Ines Tri (2022) Pemanfaatan Media Youtube Pada Mata Pelajaran Fiqih Untuk Membangun Minat Belajar Siswa Kelas 1 Di Mi Ma’arif Ngrupit. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180056-INES TRI HESTIANINGSIH-PGMI.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Tri Hestianingsih, Ines. 2022. Pemanfaatan Media Youtube Pada Mata Pelajaran Fiqih untuk Membangun Minat Belajar Siswa Kelas 1 di Mi Ma’arif Ngrupit. SKRIPSI Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Tintin Susilowati, M. Pd.
Kata Kunci : Media YouTube, Fiqih, Minat Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi terdapat rendahnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran agama yaitu fiqih, Hal tersebut terlihat masih terdapat siswa yang kurang memperhatikan pelajaran karena menganggap pelajaran fiqih itu mata pelajaran yang monoton. Selain itu, dalam pembelajaran guru tidak selalu menggunakan media untuk menunjang pembelajaran. Guru perlu memberikan pembelajaran yang melibatkan pemanfaatan lebih banyak indra seperti halnya pemanfaatan media video YouTube.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui implementasi pemanfaatan media YouTube pada mata pelajaran fiqih untuk membangun minat belajar siswa kelas 1 di MI Ma’arif Ngrupit; 2) Untuk mengetahui kendala pemanfaatan media YouTube pada mata pelajaran fiqih untuk membangun minat belajar siswa kelas 1 di MI Ma’arif Ngrupit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang memberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis dengan jenis penelitian studi kasus. Menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai instrumen dalam pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Impementasi pemanfaatan media YouTube pada mata pelajaran fiqih di MI Ma’arif Ngrupit sudah berlangsung dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan guru yang melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan media YouTube mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, kemudian evaluasi. 2) Kendala yang ditemui dalam pemanfaatan media YouTube pada mata pelajaran fiqih untuk membangun minat belajar siswa kelas 1 di MI Ma’arif Ngrupit diantaranya seperti, pemadaman listrik, pengelolaan kelas, keterbatasan waktu, keterbatasan dalam penggunaan YouTube pada proses pembelajaran, dan keterbatasan dalam penggunaan YouTube pada proses pembelajaran. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media YouTube dapat membangun minat belajar. Hal ini terlihat pada saat kegiatan pembelajaran fiqih siswa semangat, antusias, tertarik dan konsentrasi dalam pembelajaran. Sedangkan kendala yang terjadi selama pembalajaran sudah dilakukan upaya untuk mengatasinya, sehingga pembelajara fiqih dapat berlangsung dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tintin Susilowati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:38
Last Modified: 24 Nov 2022 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21884

Actions (login required)

View Item View Item