Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Kerjasama Gaduh Sapi Di Desa Palur Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Sari, Dewi Novita (2022) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Kerjasama Gaduh Sapi Di Desa Palur Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DEWI NOVITA SARI WATERMARK HES .pdf

Download (894kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sari, Dewi Novita, 2022. Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Kerjasama Gaduh Sapi Di Desa Palur Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Farida Sekti Pahlevi,M. Hum.
Kata kunci/ keyword: Etika Bisnis Islam, Kerjasama Gaduh Sapi
Etika Bisnis Islam adalah akhlak atau perilaku dalam menjalankan bisnis sesuai dengan nilai-nilai Islam, sehingga dalam melaksanakan bisnisnya tidak perlu ada kekhawatiran, sebab sudah diyakini sebagai sesuatu yang baik dan benar. Namun, saat ini masih terdapat pelaku bisnis yang masih belum menerapkan prinsip-prinsip Etika Bisnis Islam. Seperti pada praktik kerjasama gaduh sapi di Desa Palur Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun dimana ada empat pasang penggaduh dan pemilik sapi yang sudah melakukan kerjasama sesuai dengan akad kerjasama yang berlaku, akan tetapi, dalam penerapannya masih ditemukan ketidak sesuaian antara yang diperjanjikan di akad dengan penerapannya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan etika bisnis islam terhadap penerapan akad kerjasama gaduh sapi di dusun Gandek Desa Palur kecamatan Kebonsari Madiun? (2) Bagaimana tinjauan etika bisnis islam terhadap tanggung jawab dalam kerjasama gaduh sapi di dusun Gandek Desa Palur kecamatan Kebonsari Madiun?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode wawancara terhadap pemilik dan penggaduh sapi yang ada di Desa Palur Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun dan kemudian menarik kesimpulan dengan hasil wawancara tersebut.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perjanjian kerjasama gaduh sapi di Desa Palur Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun sudah sesuai dengan akad kerjasama gaduh sapi. Namun, dalam penerapannya pada kerjasama antara Sutris (pemilik) dengan Very (penggaduh), Sarjo (pemilik) dengan Kadir(penggaduh), pemilik masih belum menerapkan prinsip keseimbangan yang memaksakan kehendaknya dalam waktu penjualan sapi tidak sesuai dengan yang disepakati, sedangkan penggaduh juga belum melaksanakan tanggung jawabnya dengan maksimal dalam proses perawatan sapi sehingga keuntungan yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan dengan kejadian tersebut penggaduh juga belum menerpkan prinsip tanggung jawab. Pada kerjasama atara Rakim (pemilik) dengan Sukadi (penggaduh), penggaduh tidak melaksanakan kesepakatan sesuai dengan yang telah disepakati di awal terkat keuntungan yang akan dibagi setengah sama rata, sehingga pemilik sudah melaksanakan tugasnya namun, pada akhir kesepakaan keuntungan dibagi berdasarkan perbandingan dua banding tiga yang seharusnya dalam tugas perawatan sapi adalah tugas penggaduh, sehingga pemilik mengalami kerugian sehingga dalam hal ini penggaduh belum menjalankan prinsip keadilan. Pada kerjasama antara Huda (pemilik) dengan Solihin (penggaduh), penggaduh sudah menjalankan tugas dan kewajibannya, namun pada akhir kesepakatan pemilik memaksakan kehendak terkait penjualan sapi dan tidak ada unsur kejelasan harga dari penjualan sapi, sehingga dalam hal ini pemilik juga masih belum sesuai dengan prinsip kejujuran dan keseimbangan. Secara umum keempat pasanngan pelaku kerjasama tersebut juga masih menjalankan prinsip etika bisnis Islam saling menguntungkan dan integritas moral. Kerjasama gaduh sapi di Desa Palur pada keempat pasang tersebut masih ditemukan kurangnya tanggung jawab antara Kadir dan Very sebagai penggaduh, kejujuran dan keterbukaan oleh Sutris, Sarjo dan Huda sebagai pemilik, serta keadilan oleh Sukadi sebagai penggaduh, dengan beberapa permasalahan tersebut kerjasama berakhir dengan tidak adanya unsur kerelaan diantara keduanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: FARIDA SEKTI PAHLEVI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:37
Last Modified: 24 Nov 2022 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21882

Actions (login required)

View Item View Item