..(GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Keterampilan Bertanya Dalam Pendekatan Literasi Sains Siswa Di MTs Negeri 3 Ponorogo

Yasintya, Kharisma (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI DI ATAS MATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Keterampilan Bertanya Dalam Pendekatan Literasi Sains Siswa Di MTs Negeri 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
207180089_KHARISMA YASINTYA_Tadris IPA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yasintya, Kharisma. 2022. Keterampilan Bertanya dalam Pendekatan Literasi Sains Siswa di MTs Negeri 3 Ponorogo. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Wirawan Fadly, M.Pd.

Kata Kunci: Keterampilan, Keterampilan Bertanya, Literasi Sains.

Keterampilan bertanya dengan pendekatan literasi sains yang dimiliki oleh peserta didik dapat digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi dalam pembelajaran IPA maupun kehidupan sehari-hari. Sebagai upaya meningkatkan keterampilan bertanya peserta didik, dalam hal ini guru memberikan treatment dengan pendekatan pembelajaran literasi sains untuk melatih keterampilan peserta didik dalam menggali informasi dengan mencari tahu atau bertanya pada sesama teman atau kepada guru.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Tingkat keterampilan bertanya pada peserta didik dan (2) Faktor pendukung keterampilan bertanya dalam literasi sains peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi dengan metode deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam (Indepth Interview), serta dokumentasi kepada peserta didik dan guru di MTs Negeri 3 Ponorogo sebanyak 8 orang. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan bantuan software Nvivo 12 plus sebagai media dalam visualisasi data.
Berdasarkan hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa (1) Peserta didik dengan keterampilan bertanya berlandaskan pada beberapa tahapan, seperti: (a) Aktivitas, (b) Rasa ingin tahu, dan (c) Literasi sains. Dalam hal ini tidak semua peserta didik bisa melaksanakan seluruh tahapan. Hal tersebut ditunjukkan dari beberapa respon peserta didik terkait pengetahuan mereka terhadap tahapan ini. (2) Peserta didik dapat termotivasi untuk meningkatkan keterampilan bertanya dalam pendekatan literasi sains dengan didukung oleh beberapa faktor. Faktor tersebut diantaranya, yaitu: (a) Guru, (b) Peserta didik, dan (c) Orang tua.
Semua faktor pendukung tersebut tujuannya untuk menumbuhkan rasa semangat serta keinginan untuk menjadi diri yang lebih baik. Sehingga, melalui keterampilan dan pendekatan tersebut peserta didik dapat membuat suatu peningkatan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki. Kemudian dari rancangan tersebut, peserta didik dapat menerapkan dan saling mendorong pada segala keterampilan yang dihubungkan dengan pendekatan literasi sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:36
Last Modified: 24 Nov 2022 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/21881

Actions (login required)

View Item View Item